• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Mesin Traktor Gapoktan Mekar Jaya Dijual Pencuri asal Sumsel Rp840 Ribu

Sabtu, 07 September 2019 | 17:53 WIB
Polres Basel mengamankan para tersangka berikut barang bukti. Foto : ist
Loading...

Klikbabel.com, Airgegas - Satu unit mesin bajak sawah merk Kubota Quick milik Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mekar Jaya Desa Sidoharjo, Kecamatan Airgegas Kabupaten Bangka Selatan (Basel) dilaporkan hilang pada Rabu (4/9) kemarin. 

Atas kehilangan mesin bantuan dari pemerintah itu, anggota Gapoktan Mekar Jaya Rumanto melaporkannya kepada aparat penegak hukum Polsek Airgegas. Polisi kemudian mencari keberadaan pelaku. 

Kapolres Basel AKBP Stanislaus Ferdinand Suwarji membenarkan adanya tindak pidana curat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 KUHP yang terjadi di Sawah Trans 2 Desa Sidoharjo. Sesuai LP/B-17/IX/2019 Babel/Res Basel/Sek Airgegas, Rabu (4/9).

"Setelah memastikan mesin bantuan pemerintah yang dipercayakan kepada korban itu hilang, kemudian dia melaporkan kejadian itu ke Polsek Airgegas. Kerugian material mencapai 12 juta. Lalu sesuai LP anggota melakukan penyelidikan terkait TP," ujar Ferdinand, Sabtu (7/9).

Setelah melakukan sejumlah penyelidikan, personel Polsek Airgegas pimpinan Iptu Amri dibantu Pemdes Sidoharjo mengendus keberadaan pelaku pada Sabtu (7/9) hari ini pada saat ingin menjual barang hasil curian tersebut.

"Kemudian pelaku atas nama Cha dan Dim berhasil diamankan. Keduanya warga pendatang dari Desa Cengal dan Selapan, OKI Sumsel. Untuk BB yang berhasil diamankan satu unit mesin Traktor yang telah dipreteli atau dibongkar dan satu motor Honda Scoopy warna putih," tambah dia.

Dari hasil melakukan pencurian, diketahui para pelaku berhasil menggasak mesin Traktor lalu dijual dan mendapatkan sejumlah uang sebesar Rp 840 ribu.Selanjutnya kedua pelaku dan barang bukti segera dibawa ke Polsek Airgegas guna penyidikan lebih lanjut.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com