• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


XL Axiata Bakal Jual 4.500 Menara

Jumat, 06 September 2019 | 07:25 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Jakarta - PT XL Axiata Tbk (EXTL) berencana kembali menjual 4.500 menara telekomunikasi. Hal itu lantaran menara-menara itu dinilai tidak lagi strategis seiring dengan peningkatan jaringan yang dilakukan perusahaan.

Sebelumnya, XL Axiata lebih dulu menjual 3.500 menara ke PT Solusi Tunas Pratama Tbk (SUPR) senilai Rp5,6 triliun di tahun 2014. Kemudian, berlanjut menjual 2.500 menara ke Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) senilai Rp3,5 triliun di tahun 2016.

Direktur Keuangan XL Axiata Mohamed Adlan Bin Ahmad Tajuddin menyatakan, rencana melepas 4.500 yang kini dinilai tak strategis itu karena adanya perubahan arsitektur jaringan. Perubahan itu membuat jaringan lebih terdistribusi tanpa menara tersebut.

Saat dahulu melakukan penjualan sebagian menara lainnya, 4.500 menara dipertahankan karena dinilai masih strategis. Kata dia, saat itu terlalu riskan jika pengoperasiannya diserahkan ke pihak lain. Namun, kondisi saat ini telah berubah.

"Jadi ada rencana menjual, karena sekarang sudah tidak strategis setelah kami mengubah arsitektur jaringan kami," ujarnya di Menara XL Axiata, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Meski demikian, Adlan memastikan rencana penjualan menara ini masih dalam persiapan sehingga belum ditawarkan kepada pasar. "Lagi dalam proses persiapan, kalau bisa semuanya dijual, kami jual semuanya. Tapi ini belum disampaikan ke pasar," tambahnya.

Sementara itu, Presiden Direktur dan CEO XL Axiata Dian Siswarini menambahkan, pihaknya belum bisa memastikan waktu untuk merealisasikan penjualan menara itu. Perseroan masih mencermati kondisi pasar untuk menunggu waktu yang tepat menawarkan menara-menara tersebut.

"Karena saat ini kan di pasar ada juga yang sedang menjajaki penjualan menara. Jadi kami harus lihat dulu kondisi pasar, kapan waktu yang tepat. Tidak bisa memastikan waktunya," katanya.
 

Loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : okezone