• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Sehari Bisa Terjadi 5 Kebakaran, Karhutla Basel Cukup Tinggi

Jumat, 06 September 2019 | 06:12 WIB
Plt Kasatpol PP Basel Rudi Kurniawan. Foto : Devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Pelaksana Tugas (Plt) Kasatpol PP Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Rudi Kurniawan memastikan, tingkat Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) yang terjadi di daerah ini selama musim kemarau meningkat dibandingkan tahun 2018.

"Musim kemarau menyebabkan kebakaran
hutan di Basel semakin meluas. Bahkan, dalam satu hari rata-rata terjadi lima kali kebakaran hutan. Karhutla pada tahun ini cukup tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya," ujarnya, Kamis (5/9).

Hanya saja, dirinya belum dapat memastikan luasan hutan yang terbakar pada musim kemarau kali ini. Yang jelas, melalui satuan pemadam kebakaran, pihaknya terus berupaya mengantisipasi kebakaran hutan agar tidak meluas.

"Untuk sumber air kita masih tersedia jadi tidak ada kendala berarti, petugas kita selalu stand bye 24 jam. Sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar terus digalakkan. Baik melalui spanduk maupun langsung ke masyarakat," ujarnya.

Selain itu, Satpol PP Basel sudah menyebarluaskan nomor kontak petugas agar masyarakat cepat menghubungi pihak damkar jika ada terjadi kebakaran. Yang jelas, kebiasaan masyarakat membuka lahan dengan cara dibakar pada musim kemarau terus diimbau.

"Kita terus mengimbau untuk tidak melakukan hal itu karena dapat menyebabkan kebakaran hutan yang meluas. Kalau memang mau bakar lapor dulu ke kami, biar petugas damkar stand bye di lokasi lahan yang akan dibuka tadi," jelasnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com