• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


KPU Basel Targetkan Partisipasi Pemilih Pilkada 2020 Capai 87,49 Persen

Jumat, 06 September 2019 | 14:35 WIB
Ketua KPU Basel Amri. Foto : Devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Partisipasi pemilih pada Pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) ditargetkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencapai angka 70 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) nantinya.

Untuk mengejar target tersebut, fokus pertama yang akan dilakukan oleh KPU ialah membentuk dan memaksimalkan kinerja Badan Ad Hoc agar mereka memahami tugas pokok dan fungsinya dalam tata cara pungut hitung.

"Kedua data pemilih yang setiap pemilu bermasalah dan biasanya masih tersisa pemilih yang belum terdaftar di DPT itu kita akan kerjasama dengan Disdukcapil. Untuk peningkatan partisipasi masyarakat supaya pilkada ini lebih baik dari tahun sebelumnya," ujar Ketua KPU Basel Amri, Jumat (6/9).

Pada Pilkada serentak tahun 2015 lalu, tingkat partisipasi pemilih di Basel hanya sebesar 62 persen saja. Sedangkan pada Pilpres dan Pileg tahun 2019 kemarin angka partisipasi pemilih di Negeri Junjung Besaoh mencapai 87,49 persen.

"Sebenarnya target kita bisa mempertahankankan capaian partisipasi pemilih pada Pileg dan Pilpres. Namu, kalaupun tak tercapai, kami menargetkan sebesar 70 persen. Ya minimal lebih tinggi dari Pilkada 2015 diatas 62 persen," kata Amri.

Amri mengaku, rendahnya partisipasi pemilih pada Pilkada 2015 lalu dikarenakan faktor cuaca yang tidak mendukung. Saat hari H pencoblosan, hampir seluruh wilayah Basel diguyur hujan sehingga para mempengaruhi pemilih untuk datang ke TPS.

"Kita tetap optimisi partisipasi 70 persen.
Upayanya sepeti pada pileg kemarin dengan sosialisasi. Tapi khusus untuk pilkada, akan kerjasama dengan masing-masing kecamatan, desa, perangkat desa dan pemda sosialisasi tentang pentingnya hak pilih," jelasnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com