• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Inspektorat Basel Serahkan Kasus Korupsi APBDes Bangka Kota ke Polres

Jumat, 06 September 2019 | 17:58 WIB
Plt Kepala ITDA Basel P.D Marpaung. Foto : Devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Inspektorat Daerah (ITDA) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) telah menyerahkan sepenuhnya kelanjutan kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) APBDes Bangka Kota Tahun Anggaran (TA) 2017 kepada pihak Polres lantaran LHP hasil audit telah diserahkan.

Dalam melaksanakan audit, Inspektorat melibatkan tenaga ahli dari Dinas PUPRP untuk mengukur dan memperhitungkan 32 kegiatan fisik atau kontruksi yang harus dilakukan perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan volume pekerjaan yang telah dilakukan.

"Setelah tim Inspektorat dan tenaga ahli Dinas PU turun, kita langsung menyusun LHP. Hasilnya memang ada kekurangan volume dari beberapa pekerjaan sebesar 56 juta. Lalu ada Silpa sebesar 68 juta belum disetor," ujar Plt Kepala ITDA Basel PD Marpaung, Jum'at (6/9).

Sehingga, total kerugian daerah dalam dugaan kasus tipikor tersebut mencapai Rp 124 juta. Kemudian, dalam UU Nomor 30 Tahun 2014 dikatakan bahwa masa untuk penyalahgunaan kewenangan dan penyelesaian tindaklanjut LHP itu maskimal memakan waktu 10 hari.

"Kemudian terperiksa PJ Kades Bangka Kota dan Sekdes memgembalikan kerugian daerah itu sebesar 124 juta tepat 10 hari setelah LHP terbit, pas waktunya. Dan bukti setor kerugian itu ke kas daerah sudah disampaikan kepada inspektorat," tambah Marpaung.

Inspektorat kemudian menyampaikan hasil audit temuam kerugian daerah sebesar Rp 124 juta dengan turut melampirkan bukti setor yang sudah ditindaklanjuti kepada Polres Basel. Dengan demikian, kewenangan inspektorat dalam kasus tersebut sudah selesai.

"Apa, bagaimana dan seperti apa kelanjutan prosesnya kami serahkan itu kewenangan ke pihak kepolisian. Jadi kami tidak pernah menyampaikan bahwa kami merekomendasikan untuk menutup kasus itu. Mungkin pihak kepolisian memandang dan berpendapat lain terhadap situasi itu," jelasnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com