• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ada Batasan Waktu Bagi Masyarakat Penyewa Rusunawa Nelayan II

Kamis, 05 September 2019 | 12:38 WIB
Bupati Bangka, Mulkan saat melakukan kunjungan ke Rusunawa Nelayan II (Ramandha/Klikbabel.com)
Loading...
Klikbabel.com, Sungailiat - Bupati Bangka, Mulkan lakukan kunjungan ke Rusunawa Lingkungan Nelayan 2, Kelurahan Sungailiat, Kamis (5/9/2019). Kunjungan tersebut, dimaksudkan untuk melihat sejauh mana kesiapan 42 unit rusun yang dikhususkan bagi masyarakat nelayan dan sekitarnya ini.
 
Mulkan mengatakan, peresmian Rusunawa sendiri akan dilakukan dalam beberapa waktu kedepan dengan berkoordinasi bersama pemerintah pusat. "2020 kita targetkan para penghuni sudah mulai mendiami rusunawa ini," jelasnya.
 
Ia melanjutkan, peran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka hingga saat ini masih sebagai pengelola dari rusunawa hingga nantinya penyerahan secara langsung dari pemerintah pusat. "Yah, jadi sampai sekarang kita (Pemkab) masih selaku pengelola. Jadi kita tunggu nanti penyerahannya dari pusat ke pemerintah daerah untuk bagaimana kedepannya," ucap Mulkan.
 
Sementara itu, Rusunawa yang dibangun oleh pemerintah dengan total nilai Rp11,9 miliar ini, dikatakan Mulkan, sebelumnya memang dikhususkan bagi masyarakat lingkungan nelayan. 
 
Namun juga tidak menutup kemungkinan dibuka untuk masyarakat umum, apabila kuota unit dari Rusun masih mencukupi. "Memang kita khususkan ke masyarakat di sini (nelayan), tapi kan kalau mereka sudah punya rumah tidak bisa kita paksakan. Jadi nanti kalau masih tersisa, kita buka untuk masyarakat umum," terangnya.
 
Lebih lanjut, para penyewa juga nantinya akan dibatasi prihal periode penyewaan yang hanya diperbolehkan selama 3 tahun berturut-turut. "Kalau sudah 3 tahun, mungkin kan penyewa sebelumnya sudah bisa dikatakan bisa membangun rumah sendiri lah setidaknya. Jadi bergantian dengan masyarakat lain yang membutuhkan untuk mendiami rusun ini," pungkasnya.
Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com