• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Herli Tegaskan Buat Surat Tanah Itu Gratis

Rabu, 04 September 2019 | 17:32 WIB
Kepala Bagian Pemerintahan Pemkab Bangka Barat, M. Herli (Ira/Klikbabel.com)
Loading...
Klikbabel.com, Muntok - Kepala Bagian Pemerintahan Pemkab Bangka Barat, M. Herli mengatakan bagi masyarakat Bangka Barat yang ingin membuat surat tanah tidak dikenakan biaya apapun.
 
"Setahu saya tidak ada tarif, kecuali masyarakat yang minta bantuan untuk petugas pengukur tanah dilapangan. Kalau soal berapa besarnya tidak ada, selama ini kebiasaan kita dari masyarakat ada ucapan terimakasih ( uang rokok ) untuk pengukurannya," katanya saat ditemui di Ruang OR 1 Pemkab Bangka Barat, Rabu (04/09/2019) sore
 
Herli menjelaskan kalau untuk PTSL ( Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ) itu dikenakan biaya sebesar Rp 350ribu. Namun diluar dari PTSL, pembuatan surat tanah digratiskan.
 
"Kalau patok bisa jadi, karena PTSL  saja ada patok, kalau BPN tarif yang PTSL itu Rp 350ribu, itu sudah termasuk biaya administrasi, biaya pemasangan patok, pembuatan patok, termasuk biaya transpor untuk petugas," tuturnya.
 
Herli melanjutkan sewaktu dirinya menjabat sebagai Camat Muntok, ia sangat melarang petugasnya untuk memungut biaya pengurusan tanah.
 
"Kami dari kelurahan sampai kecamatan, waktu saya jadi camat, saya larang membebani atau memungut biaya untuk pengurusan surat tanah. Tapi kalau diluar jalur itu, misal lewat biro jasa mengurusnya ke kecamatan kan kita nggak tahu juga," lanjutnya.
 
Herli menegaskan bila ada petugas dari Kelurahan/Desa maupun Kecamatan yang memungut biaya saat mengurus surat tanah maka masyarakat tersebut boleh melapor ke Camat.
 
"Kalau mereka mengatasnamakan siapa, boleh diadukan ke camat dulu, nanti kita verifikasi ke lapangan. Nanti kita panggil oknum atau petugas di kelurahan/Desa atau petugas kami di kecamatan," tegasnya.
 
Herli juga menghimbau kepada petugas yang mengurus surat tanah agar jangan mengambil biaya apapun dari masyarakat.
 
"Dari saya selaku Kabag pemerintahan, meski sebenarnya bukan kapasitas saya untuk memberikan himbauan, tapi boleh lah. Jadi untuk pengurusan surat tanah dari Desa/Kelurahan sampai kecamatan mohon kepada rekan-rekan di Desa/Kelurahan untuk jangan membebani warga kita yang ingin mengurus tanah dengan dikenai biaya," pungkasnya.
Loading...


Penulis  : Ira
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com