• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Warga Kampung Opas Gelar Nganggung Sepanjang Jalan Depati Barin

Minggu, 01 September 2019 | 20:55 WIB
Warga Kelurahan Kampung Opas, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar nganggung bersama sepanjang Jalan Depati Barin
Loading...

Klikbabel.com - Warga Kelurahan Kampung Opas, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar nganggung bersama sepanjang Jalan Depati Barin tepatnya seputaran Masjid yang baru selesai dibangun, Asy Syukur dalam memperingati Tahun Baru Islam (1 Muharam) 1441 Hijriah.

 

Tidak hanya nganggung, kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan rebana anak-anak dan pembagian telur simbolis hataman Al qur'an.

Salah seorang warga Kampung Opas, Aang Saputra memberikan apresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurut dia kegiatan tersebut dapat meningkatkan silaturahmi dan sebagai pemersatu umat islam serta meningkatkan ukhuah Islamiah.

"Kegiatan beranggung ini juga merupakan tradisi atau adat istiadat Bangka Belitung sebagai nilai kebudayaan yang diiringi dengan keagamaan," ujar Aang, Minggu (1/9/2019).

Menurur dia, tahun baru Islam juga merupakan moment untuk mengevaluasi dan intropeksi diri agar lebih baik lagi menjalani kehidupan ditahun berikutnya.

Masyarakat Kelurahan Kampung Opas sangat antusias turut memeriahkan moment tahun baru. Hampir sekitar 300 dulang yang berisikan berbagai macam makanan  berjejer sepanjang Jalan Depati Barin, Kampung Opas.

"Kita berharap kegiatan ini bisa lebih meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap agama Islam dan lebih bersemangat untuk terus meningkatkan iman. Kita juga mengucapkan terimakasih kepada panitia kegiatan yang sudah menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat ini," katanya.

Aang menjelaskan, dalam kegiatan beranggung ini masyarakat bersama-sama membawa dulang dari rumah dan berkumpul di Masjid Asy Syukur. "Semua masyarakat yang hadir, duduk menikmati hidangan bersama-sama," ucapnya.

Menu yang disajikan bervariasi, mulai dari nasi, ketupat, lontong serta lauk pauknya seperti sayuran, gulai, rendang, sambal, perkedel dan berbagai lauk lainnya yang disajikan di dulang dan dimakan beramai-ramai. Kebersamaan nampak ketika dulang dijejerkan disekeliling halaman Masjid Asy Syukur yang telah dipasangi tenda.

Loading...


Penulis  : Septi. A
Editor    : Zahrul
Sumber : klikbabel.com