• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Lima Sanggar Ramaikan FBSS Tahun 2019

Sabtu, 31 Agustus 2019 | 11:15 WIB
Loading...
Klikbabel.com, Muntok - Hari kedua Festival Bumi Sejiran Setason (FBSS) tahun 2019 memperlombakan tari kreasi di Lapangan Gelora Muntok. Jumat (30/08/2019) malam
 
 
Tari kreasi ini diikuti oleh tiga sanggar dari kabupaten Bangka Barat yaitu  Sanggar Panglima Angin, Sanggar Kampusseni, dan Sanggar Seruni.
 
 
Tak hanya dari Bangka Barat,  sanggar Kabupaten Bangka yaitu Rebang Emas dan sanggar Bangka Selatan yaitu Darmaha Bangka juga turut memeriahkan perlombaan tari kreasi ini.
 
 
 
Menurut salah satu dewan juri, Dra. Ertis Yulia Manikam yang merupakan Manager Program Budaya sekaligus Plh. Koordinator Anjungan Daerah di TMII, Jakarta,
ada peningkatan garapan tari dan musik yang ia lihat di tahun ini bila dibandingkan
 tahun sebelumnya. 
 
 
Namun dirinya memberikan beberapa masukan yang harus diperhatikan oleh penari dalam hal penggarapan tari karena tarian yang ditampilkan masih miskin pengembangan.
 
 
" Itu hanya diulang, bentuknya sedikit dirubah, terus perpindahan juga masih banyak yang menggunakan hanya sekedar berpindah tempat saja, ini sebetulnya sudah cerita lama. Kami harus jujur, disatu wilayah sudah banyak perkembangan
 
 
Untuk itu, dirinya berharap kepada para koreografer di Muntok untuk lebih berani berinovasi namun menggali khasanah tarian tradisi daerah yang indah dan kaya, agar penonton tidak bosan.
 
 
" Terus, karena berkisah, jangan terjebak pada suatu yang teatrikal, ini bahasanya adalah bahasa tubuh, bahasa gerak, dimana alur dari gerakan - gerakan yang diperindah, jadi ada satu alur yang mesti dikembangkan disitu," terangnya.
 
 
Di akhir acara, Sanggar Rebang Emas berhasil menjadi juara satu tari kreasi, Sanggar Kampusseni menempati juara dua dan Sanggar Seruni menjadi juara tiga.
 
 
Sedangkan penghargaan penata tari terbaik, penata musik terbaik dan penata rias dan busana terbaik berhasil diraih oleh Sanggar Rebang Emas. Mereka berhasil membawa piala, piagam serta uang pembinaan.
Loading...


Penulis  : Ira
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com