• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Erzaldi Dukung Pengembangan Wahana Wisata Alam Bekas Tambang Timah

Sabtu, 31 Agustus 2019 | 17:05 WIB
Loading...
Klikbabel.com, Muntok - Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan datang berkunjung ke wahana wisata alam yang terletak di Air Biat, Desa Air Putih Kecamatan Muntok. 
 
Wisata alam ini dulunya merupakan lahan eks tambang PT Timah yang sekarang dikembangkan oleh salah satu pengusaha Muntok, Eddy Arif atau yang lebih dikenal dengan Eddy Nayu. 
 
"Saya memberi apresiasi kepada saudara Edi dimana dia sudah bisa memiliki ide yang terus langsung diimplementasikan oleh beliau yang mana idenya itu adalah memanfaatkan kawasan eks tambang yang kita lihat sudah tercerai berai begini hancur lebur begini. Tapi beliau mengambil inisiatif itu selesai menambang dia langsung merubah tambang ini menjadi suatu lokasi wisata," kata Erzaldi saat ditemui klikbabel.com, Sabtu (31/08/2019)
 
Erzaldi melanjutkan nantinya kawasan wisata alam dengan luas kurang lebih 30 hektar ini akan dibuatkan berbagai macam wahana rekreasi seperti mini zoo, taman bermain dan lain sebagainya.
 
"Jadi saya sudah dengar rencananya mini zoo ( kebun binatang kecil ) insyaallah taman bermain air, taman bermain darat, dan ada pulau Bangka mini yang sudah memiliki kekhasannya sendiri kayak Muntok ada menara mercusuar, Koba ada tugu udang, Toboali ada tugu nanas, Pangkalpinang ada tudung saji dan lain sebagainya. Jadi ini suatu langkah yang sangat baik dan kita beri support dan ini perlu ditiru oleh masyarakat," ujar Erzaldi.
 
Untuk itu, Erzaldi meminta kepada Eddy agar berkoordinasi dengan pihak dari PT Timah Tbk agar memfasilitasi wisata alam yang dikelolanya.
 
"Tadi saya sudah memberikan arahan kepada saudara Edi untuk segera nanti berkoordinasi dengan PT Timah nanti memfasilitasi saudara Edi dan masyarakat menjalankan program PPM dimana program pengembangan penambangan pemberdayaan masyarakat itu yang memang harus sesuai dengan undang - undang PT Timah untuk terlibat disini sehingga apa yang dibuat oleh PT Timah bersama masyarakat disini langsung masyarakat itu mendapatkan manfaat," jelasnya.
 
Sementara itu, kata Erzaldi pihak pemerintah provinsi juga turut mendukung dalam hal perencanaan dan memfasilitasi.
 
"Ya, perencanaan dan izin juga karena untuk melakukan program PPM tersebut kan tentunya kita harus melalui fasilitasi dari pemerintah provinsi dan yang terpenting adalah daerah sini daerah yang bisa kita kembangkan nantinya integrasi antar kawasan misalnya dengan kota Muntok bagaimana, dengan kawasan Tanjung Ular bagaimana, kawasan industri dan ada kawasan wisata," katanya.
 
Erzaldi menambahkan dirinya juga meminta kepada pihak dari Pemerintah Kabupaten Bangka Barat untuk ikut mendukung dalam kegiatan pengembangan kawasan wisata eks tambang yang dikelola oleh Eddy Arif ini.
 
"Pastilah, izin nya kan awalnya dari Pemkab Bangka Barat tidak boleh lepas. Tapi saya juga berharap Pemkab Bangka Barat aktif juga karena Muntok ini kan kota heritage dari tagline nya saja sudah tahu itu apa budaya pariwisata yang mengedepankan heritage kota tua kota sejarah. Jadi pemerintah muntok harus tahu harus mendorong ini," pungkasnya.
Loading...


Penulis  : Ira
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com