• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Lapor Pak Gub! Petani Lada Bangka Belitung Terancam Gulung Tikar

Selasa, 27 Agustus 2019 | 10:20 WIB
Matoridi, petani lada asal Desa Keposang Bangka Selatan. Foto : Devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Selain harga jual yang semakin anjlok, petani lada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kini turut diresahkan dengan musim kemarau panjang yang melanda saat ini. Padahal, tanaman lada membutuhkan air yang cukup untuk pertumbuhan dan pembesaran buah.

 

Matoridi, salah satu petani lada di Desa Keposang, Kecamatan Toboli mengeluhkan harga lada yang tak sesuai dengan biaya modal yang dikeluarkan. Dari harga jual lada pada tahun 2018 bisa mencapai Rp 120 ribu/Kg, sekarang menurun signifikan diangka Rp 45 ribu-Rp 50 ribu/Kg.

"Harganya semakin menurun tahun ini berkisar diangka 45-50 ribu per kilo. Tidak balik modal kalau dihitung. Ditambah lagi, cuaca dalam hal ini musim kemarau yang berkepanjangan membuat tanaman tidak mendapat air yang cukup. Karena hujan tak kunjung turun sejak tiga bulan terakhir," ujarnya, Selasa (27/8).

Petani yang mempunyai 3.000 batang tanaman lada di daerah ini menilai, harga jual yang anjlok ditambah cuaca yang tak bersahabt menimbulkan dampak ekonomi yang besar bagi para petani lada. Selain tak balik modal dengan harga jual yang anjlok, kualitas dan kuantitas buah lada menjadi tidak optimal.

"Dampak musim kemarau ini, kualitas dan kuantitas ladanya menjadi tidak optimal. Normalnya sekali petik bisa mendapat rata-rata 10 kilogram per karung, namun pada musim kemarau ini, kita hanya bisa mendapat 6 kilogram per karung, jauh dari harapan kita," tutur dia.

 Dari hasil produksi penjualan, dirinya hanya mendapat keuntungan 30 persen saja. Sedangkan 70 persen nya habis untuk biaya operasional seperti penggunaan pupuk dan upah petik lada, kebersihan kebun dan lainnya. Tentu, ini menjadi ancaman dan petani lada bisa gulung tikar.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com