• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Izin Pulomas Bakal Diperpanjang? Ini Kata Bupati Bangka

Senin, 26 Agustus 2019 | 12:50 WIB
Pengerukan alur muara Jelitik Sungailiat Bangka. Foto : Hairul/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Bupati Bangka Mulkan, SH hingga saat ini masih menunggu hasil tim verifikasi terkait perpanjangan kerjasama PT Pulomas terhadap pengerukan alur muara Air Kantung Jelitik Sungailiat Bangka. Mulkan kepada klikbabel.com mengatakan, tim verifikasi berasal dari inspektorat Bangka. "Belum ada laporan dan hasil dari tim verifikasi terkait Pulomas. Kita tunggu saja hasilnya," kata Mulkan, Senin (26/8).

Klik Juga : Wow! Harga Buyback Emas Antam Tembus Rp 700.000 Per Gram

Mulkan menjelaskan, verifikasi ini sangat penting karena akan menentukan sikap Pemkab Bangka nantinya. Apakah diperpanjang atau tidak diperpanjang izin tersebut. "Kita lihat nanti hasil kajian seperti apa dari tim verifikasi. Kita tunggu paling lama satu bulan," jelasnya.

Sebelumnya, mantan Ketua KNPI Babel Effendi Harun mengharapkan, bupati Bangka supaya tidak terkontaminasi oleh kepentingan-kepentingan kelompok tertentu terkait perpanjangan kontrak kerja dengan Pulomas yang sebentar lagi habis. "Saya berharap bupati Bangka untuk benar-benar mempelajari mengenai data Pulomas. Karena pernah sempat terjadi kasus yang menyeret salah satu mantan petinggi di Kabupaten Bangka, walaupun kasus tersebut sudah SP 3. Maka dari itu, kejadian tersebut harus dijadikan suatu pelajaran yang sangat berharga," ungkapnya.

Menurutnya, bupati Bangka harus betul-betul mengkaji ulang dalam memberikan rekomendasi perpanjangan kontrak dengan PT Pulomas. Karena adanya suatu permasalahan yang tidak menguntungkan bagi masyarakat. "Dengan kejadian yang pernah terjadi dan dengan beberapa pertimbangan, saya pikir sebelum bupati memberikan rekomendasi perpanjangan kerja dengan Pulomas perlu adanya kajian-kajian khusus, agar kebijakan yang diambil akan memihak kepada rakyat terutama masyarakat pesisir," terangnya.

Saat ini kata Effendi, seharusnya berpikir bagaimana caranya menjadikan Pelabuhan Jelitik itu, sebagai pelabuhan bertaraf nasional maupun internasional yang nantinya dapat mendukung keberadaan Kabupaten Bangka. Jika dinilai kehadiran PT Pulomas dianggap masih merugikan, bagaimana caranya kedepannya mereka dapat menguntungkan. Ataukah pemerintah daerah mencari pihak lain yang dapat membuat kawasan tersebut lebih maju.

 

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com