• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Lapangan Merdeka Toboali Jadi Pusat Perayaan HUT ke-74 RI di Basel, Ini Rangkaiannya

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 15:48 WIB
Kepala Kesbangpol Basel Doni. Foto : Devi/klikbabel.com
Loading...

 Klikbabel.com, Toboali - Pemkab Basel kembali menggunakan Lapangan Bola Merdeka yang terletak di Kota Toboali sebagai tempat malam puncak perayaan HUT ke 74 RI pada 8 September 2019 mendatang. Sebab, Lapangan Merdeka telah memiliki sejarah panjang bagi daerah ini. 

Dalam beberapa tahun terakhir, lapangan tersebut tidak lagi difungsikan saat pemerintah daerah melaksanakan perayaan pesta rakyat pada HUT RI. Paling hanya digunakan untuk titik kumpul peserta pawai baris indah dan pawai karnaval peringatan HUT RI. 

"Tahun ini Pak Bupati (Justiar) meminta lapangan bola merdeka kembali difungsikan untuk acara puncak perayaan HUT RI. Pertimbangan lain ialah lapangan merdeka sudah dikenal masyarakat," ujar Kepala Kantor Kesbangpol Basel Doni, Sabtu (24/8) siang. 

Disamping itu, adanya pembangunan di lapangan Laut Nek Aji membuat panitia mengurungkan perayaan puncak HUT RI digelar di sana. Yang jelas, panitia akan lebih menyemarakkan perayaan HUT RI pada tahun 2019 ini dibanding tahun-tahun sebelumnya. 

"Lomba tarik tambang, balap karung dan panjat pinang akan digelar di tingkat kabupaten yang biasanya hanya di tingkat desa dan kelurahan. Khusus tarik tambang, digelar dengan tujuan mengangkat kembali perlombaan yang sudah lama hilang di tingkat kabupaten," ujarnya. 

Ada juga kegiatan sosial untuk turut memeriahkan acara kemerdekaan seperti donor darah, pengobatan gratis, pasar murah serta hiburan. Sedangkan untuk jalan sehat, peserta yang beruntung akan mendapatkan satu unit sepeda motor sebagai hadiah utama. 

"Jalan sehat akan menjadi pembuka serangkaian kegiatan puncak. Panitia akan siapkan sekitar 20 ribu tiket untuk jalan santai. Silahkan diikuti karena ada berbagai macam hadiah dengan hadiah utama satu unit sepeda motor. Setelah itu, baru ikut senam sehat bersama," tambah dia. 

Semua pihak akan dilibatkan untuk memeriahkan rangkaian kegiatan lomba, tak terkecuali tarik tambang. Sebab, seluruh instansi di pemerintahan daerah dan desa akan berpartisipasi mengikuti lomba tarik tambang selain untuk kategori umum.

"Tujuan lomba melibatkan instansi dan desa yang pertama karena sesuai arahan Presiden kemeriahan HUT RI harus dirasakan hingga pelosok. Jadi sekarang kita libatkan agar menyentuh semua lapisan. Sedangkan untuk lomba balap karung digelar tak seperti umumnya," tambah dia. 

Peserta lomba balap karung akan mengenakan helm yang memang tengah viral di media sosial. Sementara panjat pinang tak hanya melombakan kategori pria namun juga wanita dengan kategori masing-masing anak dan dewasa. 

"Intinya lebih mengangkat pesta rakyatnya dan menyentuh lapisan masyarakat. Semua instansi, desa, dan masyarakat umum. dengan harapan peringatan HUT RI dirasakan semua pihak hingga pelosok. Jadi jangan lupa masyarakat silahkan datang ikut berpartisipasi," ajak Doni.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com