• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


KUA PPAS 2019 Disepakati, Pemda Basel Siap Pertajam Program Upaya Capaian RPJMD

Rabu, 21 Agustus 2019 | 18:00 WIB
Penandatangan nota kesepakatan tentang KUA perubahan APBD dan PPAS perubahan TA 2019. Foto : Devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Kebijakan Umum Perubahan APBD dan PPAS dilakukan dalam rangka penyesuaian terhadap beberapa asumsi dasar yang digunakan dalam penyusunan perubahan APBD tahun 2019. Asumsi tersebut meliputi proyeksi ekonomi makro, proyeksi sosial budaya dan asumsi lainnya.

Demikian kata Bupati Basel Justiar Noer dalam Paripurna DPRD penandatangan nota kesepakatan tentang KUA perubahan APBD dan PPAS perubahan TA 2019 dan pengambilan keputusan Raperda tentang perubahan atas Perda Basel Nomor 17 Tahun 2016 tentang Pembentukan OPD dan Penanaman Modal.

"Pemda mengambil langkah strategis sesuai ketentuan yang berlaku melalui perubahan terhadap kebijakan umum anggaran yang dilakukan secara terintegrasi untuk seluruh jenis belanja. Kami juga telah ikut langsung mencermati usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan oleh masing-masing OPD," ujarnya.

Melalui perubahan ini, dimaksudkan agar dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan lebih dipertajam pada program-program yang terkait dengan upaya pencapaian RPJMD. Kemudian pemberdayaan masyarakat, peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah dan
pembangunan infrastruktur dasar.

"Itu dilakukan guna peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pada PPAS perubahan tahun 2019, total perubahan plafon anggaran mengalami pengurangan sebesar Rp 2.508.819.398. Ditetapkan bahwa pendapatan daerah sebesar Rp 947.474.036.143 dan pembiayaan netto Rp 42.583.689.269," terangnya.

Sedangkan belanja daerah sebesar Rp 990.057.725.412 sehingga diharapkan apa yang menjadi amanah ini dapat dikelola seoptimal mungkin untuk meningkatkan kinerja pembangunan di Basel. Beberapa masukan yang sangat konstruktif dari hasil rapat TAPD dengan Banggar ihwal prioritas pembangunan dan belanja daerah akan menjadi perhatian khusus.

"Dan catatan tersendiri bagi pemda sebagai bahan pertimbangan. Saya selaku Bupati mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya atas semua masukan yang telah disampaikan. Semoga dalam penyusunan perencanaan pembangunan di masa mendatang akan selalu lebih baik. Sehingga anggaran yang dialokasikan lebih efektif, efisien dan tepat sasaran," pungkasnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com