• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Selama Bulan Juli dan Agustus 2019, Kebakaran Lahan Di Babar Sudah Capai 57 Kasus

Selasa, 20 Agustus 2019 | 19:31 WIB
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Bangka Barat, Sidharta Gautama (Ira/Klikbabel.com)
Loading...
Klikbabel.com, Muntok -  Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Bangka Barat, Sidharta Gautama mengatakan selama dua bulan terakhir yakni bulan juli dan pertengahan agustus sudah ada 57 kasus kebakaran lahan yang terjadi Bangka Barat. Selasa (20/08/2019)
 
"Dua bulan terakhir, bulan Juli ada 28 kasus, bulan Agustus, ini baru pertengahan bulan, sampai kemarin sore, itu sudah 29 kasus. Berarti trend-nya ini dari bulan ke bulan meningkat," kata Sidharta.
 
Sidharta menjelaskan penyebab terjadinya kebakaran adalah kelalaian masyarakat yang membuang puntung rokok sembarangan dan juga kebakaran yang disengaja untuk membuka lahan pertanian.
 
Untuk itu, dirinya menghimbau agar petani dapat mengutamakan keamanan dan keselamatan saat membakar lahan.
 
"Iya, jangan sampai api merambat ke kebun lain atau ke perkampungan," jelasnya.
 
Selain itu, untuk mengantisipasi kebakaran, pihaknya akan melakukan sosialisasi ke seluruh kecamatan yang ada di Bangka Barat untuk melakukan sosialisasi tentang aturan pembakaran membuka lahan untuk pertanian. Rencananya sosialisasi itu akan dilakukan pada minggu depan.
 
"Membakar lahan untuk pertanian telah diatur dalam Peraturan Kementerian Pertanian, tidak bisa dilakukan sembarangan. Jadi boleh dibawah dua hektar, kalau diatas dua hektar tidak boleh. Kemudian itu ada kriteria lagi, ada kewajiban - kewajiban yang harus dilakukan para petani, misalnya membikin batas, tidak dibiarkan begitu saja, pembakaran itu harus disertai dengan batas, kemudian ditunggu, jangan ditinggalkan, kemudian tidak boleh membakar pada malam hari," tukasnya.
Loading...


Penulis  : Ira
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com