• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ingin Daftar Akta Kelahiran Secara Online? Begini Tahapannya

Jumat, 16 Agustus 2019 | 11:41 WIB
Akta kelahiran
Loading...


Klikbabel.com, Jakarta - Kabar gembira bagi masyarakat Bangka Belitung yang ingin membuat akta kelahiran. Saat ini pembuatan akta bisa dilakukan secara online. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan pendaftar untuk lebih memudahkan proses pendaftaran. Diantaranya menyiapkan persyaratan berupa foto/scan dokumen asli seperti Surat Kelahiran yang diterbitkan oleh dokter/bidan/penolong atau Surat Pertanggung Jawaban Mutlak (SPTJM) kebenaran data kelahiran; nama dan identitas saksi kelahiran; Kartu Keluarga (KK) pemohon sebagai kepala keluarga; Kartu Tanda Penduduk (KTP)  orangtua; kutipan akta nikah.

Klik Juga : Megawati Langsung Setor Nama Menteri ke Jokowi

Langkah selanjutnya yaitu mengunggah atau mengupload foto/scan dokumen asli, jika foto dokumen yang diunggah bukan dokumen asli maka permohonan tidak akan diproses. Pendaftaran harus menggunakan NIK Kepala Keluarga, oleh karena itu sebaiknya pendaftaran dilakukan oleh kepala keluarga atau bisa dilakukan istri atau anggota keluarga lainnya dengan menggunakan nomor ponsel yang telah terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) karena sistem akan mengirimkan validasi melalui nomor ponsel siapa yang didaftarkan dan nomor tersebut tidak bisa didaftarkan lagi menggunakan NIK lain.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Susanti berharap dengan ada pelayanan akta kelahiran online ini dapat memudahkan masyarakat yang ingin membuat akta kelahiran. "Kami bersama peserta Bimtek akta kelahiran online dari kabupaten/kota se-Bangka Belitung kemaren telah menandatangani kesepakatan bersama untuk bersama melakukan pelayanan akta kelahiran online mulai tanggal 15 Agustus 2019," terangnya, Jumat (16/8).

Selesai menandatangani kesepakatan, Susanti langsung melakukan pencanangan/ launching akta kelahiran online dengan disaksikan oleh narasumber dari Direktorat Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri RI. Susanti juga mengimbau agar pelayanan dapat segera dilaksanakan maka Dukcapil Kabupaten/Kota se-Bangka Belitung menyiapkan satu atau beberapa unit komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet beserta printer di depan loket pelayanan.

"Sehingga bila ada masyarakat yang datang membuat akta kelahiran dapat langsung diarahkan ke komputer tersebut dan dipandu agar melakukan pendaftaran melalui komputer dengan mengakses alamat http://dukcapil. kemendagri. go.id/layananonline.

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com