• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bupati Ibnu Berharap Adat Silaturahmi Rumah Kerumah Harus Dilestarikan

Kamis, 15 Agustus 2019 | 01:11 WIB
Idul Adha 1440 H membawa barokah, Bupati Bangka Tengah (Bateng) H Ibnu Saleh laksanakan Sholat Ied hingga open house bersama warganya
Loading...

Klikbabel.com, Koba - Idul Adha 1440 H membawa barokah, Bupati Bangka Tengah (Bateng) H Ibnu Saleh laksanakan Sholat Ied hingga open house bersama warganya. 

Pagi Minggu (11/8), Bupati Ibnu melaksanakan Sholat Ied di Masjid Agung Ar Raihan. Setelah itu, ia memberikan seekor sapi kepada panitia kurban di Masjid Agung Ar Raihan dari 37 ekor yang dikorbankan Bupati Ibnu bersama stackholder se Bateng.

Bupati Ibnu lalu melanjutkan aktivitas nya dengan menggelar open house di Pondopo Bupati Bateng. Sore harinya, Bupati Ibnu memantau aktivitas pembagian daging kurban kepada warga kurang mampu di Desa Padang Baru, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bateng.

Malam harinya, Bupati Ibnu bersilaturahmi ke rumah-rumah warga yang ada di Kecamatan Pangkalan Baru dan Kecamatan Namang dan Simpang Katis.

Bupati Ibnu mengaku bahagia bisa berbagi dengan warga kurang mampu di hari Raya Idul Adha 1440 H. Dihari yang penuh barokah ini, ia juga bersyukur masih bisa berkumpul bersama masyarakat Bateng.

"Alhamdulillah kita masih bisa bertatap muka. Kita masih diberi kenikmatan dan kita masih diberi kesempatan untuk menjalankan ibadah kurban dan menunaikan ibadah haji bagi yang mampu," kata Bupati Ibnu kepada Klikbabel.com.

Bupati Ibnu mengajak masyarakat Bateng mendoakan umat muslim yang menunaikan ibadah haji saat ini di Tanah Suci, sehingga menjadi haji mabrur. 

"Kita juga berdoa dengan penuh harapan agar umat muslim yang menunaikan ibadah haji pulang dalam keadaan selamat dan sehat," katanya.

Selain berdoa agar di berikan keberkahan, Bupati Ibnu juga menginginkan agar pada momen Hari Raya Idul Adha 1440 H ini, masyarakat memanfaatkannya untuk saling berbagi satu dengan yang lainnya.

"Bagi warga yang mampu silakan beribadah kurban, sementara saudara kita warga kurang mampu juga bisa merasakan kenikmatan di Hari Raya Haji 1440 H dari pembagian hewan kurban yang kita laksanakan," katanya.

Bupati Ibnu mengaku di Hari Raya Idul Adha 1440 H, ia jalani seperti biasanya seperti hari Raya Idul Adha tahun sebelumnya. Ia melaksanakan Sholat Ied di Masjid Ar Raihan, memberikan hewan kurban, open house lalu memantau pendistribusian daging hewan kurban sembari bersilaturahmi ke rumah-rumah warga.

"Momen yang paling saya tunggu, yakni silaturahmi dari rumah kerumah warga. Sangking sering diajak makan ketupat sama lepat, perut sampai gendut hingga mengendorkan ikat pinggang. Itulah serunya perayaan hari raya, sambil komunikasi kita ditawar makan terus oleh warga dan itu sudah menjadi adat kita orang melayu," ungkapnya seraya berharap agar adat seperti ini dilestarikan.

Sementara itu, salah satu Perangkat Desa Beruas Kecamatan Simpang Katis mengucapkan terimakasih kepada Bupati Bateng, H Ibnu Saleh bersama stackholder memberikan satu ekor kurban sapi di desanya. "Mudah-mudahan barokah," katanya.

Budi mewakili masyawarakat kurang mampu di desanya merasa terharu mendengar Bupati Ibnu bersama stackholder di Bateng berkurban hingga 37 ekor sapi.

"Luar biasa. Terasa sekali perayaan Idul Adha 1440 H di Bateng, karena pemimpinnya berinisiatif mengajak stackholder untuk berkurban," katanya.

Warga lainnya, Gondrong mengaku bahagia saat bersilaturahmi ke rumah Bupati Bateng, H Ibnu Saleh. 

"Kami bahagia, karena saat bersilaturahmi kerumahnya tidak ada batasan. Pak Ibnu Saleh memberlakukan masyarakat sama, tidak ada batasan walaupun kami warga kurang mampu," katanya.

Ia berharap Bupati Ibnu tidak merubah sikapnya, rendah hati, baik hati dan tidak sombong serta selalu dekat dengan rakyatnya.

"Mudah-mudahan di berikan kesehatan," pungkasnya.

Loading...


Penulis  : Roni
Editor    : Zahrul
Sumber : Klikbabel.com