• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Adat Bugis Sambut Kedatangan Gubernur di Festival Sadai Culture “Back to Nature”

Kamis, 15 Agustus 2019 | 22:39 WIB
Gubernur Erzaldi saat disambut dengan adat bugis pada Festival Sadai Culture “Back to Nature”. Foto : ist
Loading...

Klikbabel.com, Sadai - Adat Bugis menyambut kedatangan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman bersama Ketua TP PKK Babel Melati Erzaldi, ketika tiba di Festival Sadai Culture "Back to Nature". Festival tersebut, dibuka dan diresmikan langsung oleh Gubernur Erzaldi di Pelataran Pantai Tanjung Ruu Mattiro Tasi, Desa Sadai, Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Kamis (15/8/2019) siang.

Dalam sambutan itu, panitia juga menyematkan sarung dan songkok khas Bugis untuk dikenakan kepada Gubernur Erzaldi. Sambutan adat itu, pun membuat Gubernur Erzaldi terlihat senang. Tarian yang dipersembahkan untuk menyambut kedatangan gubernur dan rombongan pun menggambarkan perpaduan adat dan budaya dari beberapa suku yang mendiami desa tersebut. Terdiri dari suku Bugis, Melayu, Jawa dan Padang.

Festival ini, digagas oleh Mahasiswa KKN Universitas Bangka Belitung (UBB), yang merupakan kerjasama antara Pemprov Babel dengan Pemkab Bangka Selatan, dan UBB. Rangkaian kegiatan festival ini, antara lain hiburan masyarakat, kesenian tradisional dan modern, jalan sehat hingga penanaman dua ribu pohon mangrove di kawasan pantai.

Gubernur Erzaldi menyampaikan apresiasinya atas Kegiatan Festival Sadai Culture yang digagas oleh Mahasiswa UBB ini. Dirinya meminta agar hal ini, benar - benar dimanfaatkan oleh camat maupun kepala desa Setempat. Gubernur berharap tahun depan, kegiatan ini, menjadi kegiatan tahunan dan tetap Mahasiswa UBB yang menjadi pengelolanya. Untuk itu, gubernur meminta kepala desa untuk tetap menerima mahasiswa yang akan KKN.

Camat dan kepala Desa juga diminta gubernur untuk fokus pada Sadai sebagai destinasi wisata di tempat itu. Alokasi dana desa menurutnya, tepat untuk pengembangan wisata Sadai ini. Pemprov Babel juga akan membantu dana khusus jika dalam perancangannya telah matang. Destinasi wisata, lanjutnya, juga harus mempunyai unsur apa yang dilihat, apa yang bisa dibeli di tempat itu. Untuk itu, masyarakat Sadai diminta juga mengembangkan UMKM di tempat ini. Usai Peresmian Festival Sadai Culture Gubernur bersama Rombongan meninjau UPT Samsat Toboali dan SMA Negeri 1 Toboali.

Loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com