• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Siaga Karhutla, Polsek Toboali Sulap Mobil Patroli Jadi Damkar

Selasa, 13 Agustus 2019 | 12:10 WIB
Mobil patroli yang disulap jadi mobil damkar. Foto : Devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Memasuki musim kemarau yang sedang berlangsung saat ini, sedikitnya ada lima titik rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang ada di wilayah hukum Polsek Toboali. Yaitu sepanjang jalan Desa Bikang, Desa Gadung dan jalan di Kecamatan Tukaksadai.

Selain itu, titik rawan karhutla lainnya ada di kawasan Dusun Trans Rias dan Kota Toboali. Untuk membantu Damkar Basel saat terjadinya karhutla, Polsek Toboali membuat suatu inovasi dengan memodifikasi mobil patroli menjadi kendaraan damkar. 

"Mobil patroli saat ini mulai difungsikan menjadi kendaraan damkar untuk mempermudah pemadaman api saat terjadinya karhutla. Mobil ini telah dilengkapi tangki air tedmon dengan kapasitas penampungan 1.000 liter air," kata Kapolsek Toboali Iptu Yandrie C Akip, Selasa (13/8).

Selain itu, mobil patroli damkari tersebut juga dilengkapi dengan mesin penyemprot air jenis robin. Serta didukung dengan berbagai peralatan damkar lain yang dibutuhkan saat terjadi kebakaran. Yandrie mengaku, kendaraan tersebut sudah digunakan sejak Senin (12/8) kemarin. 

"Nah itu sudah kita fungsikan sejak Senin kemarin, saat terjadi kebakaran di lahan gambut jalan Bahar Kelurahan Toboali. Inovasi dengan memfungsikan mobil patroli jadi mobil damkar ini dilakukan sebagaimana tindaklanjut atensi dari Bapak Kapolda Babel Brigjen Pol Istiono," kata dia. 

Tujuannya untuk mengamankan wilayah masing-masing dari karhutla dengan mensiagakan mobil patroli yang dilengkapi perlengkapan damkar. Sehingga, saat personel Polsek Toboali melakukan patroli menemukan peristiwa kebakaran, maka dengan cepat langsung dilakukan pemadaman. 

"Adapun Langkah khusus yang kami lakukan untuk mengantisipasi karhutla dengan cara mensosialisasikan kepada masyarakat luas. Bersama pihak Koramil Toboali dengan memasang spanduk larangan pembakaran hutan dan lahan," pungkas Kapolsek Iptu Yandrie.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com