• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Daging Kurban Dibagikan Tak Pakai Plastik, BKPRMI Bangka Dukung Kampanye Pelestarian Lingkungan

Minggu, 11 Agustus 2019 | 09:03 WIB
Penyerahan hewan kurban BKPRMI Bangka. Foto : ist
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Ada yang unik di Idul Adha kali ini. Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Bangka membagikan hewan kurban tidak dengan plastik. Melainkan diganti dengan wadah makanan yang bisa kembali digunakan.

Hal ini diungkap Koordinator Kegiatan BKPRMI Bangka Peduli, Fahmi Andika, Minggu (11/8). Fahmi menjelaskan, kegiatan kurban BKPRMI Bangka tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, daging kurban tidak dibagikan dengan kantong plastik melainkan diganti dengan wadah makanan yang bisa dipakai kembali.

"Kami menganti kantong plastik dengan wadah makanan yang bisa digunakan kembali sebagai upaya mendukung program pemerintah untuk diet kantong plastik dan upaya pelestarian lingkungan. Selain berbagi kebahagiaan, kegiatan ini kami manfaatkan juga sebagai ajang kampanye pengurangan penggunaan kantong plastik kepada masyarakat," ujar Fahmi yang didampingi rekannya Ali Mangatas.

Fahmi menjelaskan, hewan kurban  BKPRMI Bangka berupa satu ekor sapi diserahkan pihaknya ke masyarakat Dusun Balau, Desa Labuh Air Pandan, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka.

Kegiatan kurban ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan BKPRMI Bangka setiap Hari Raya Idul Adha. Momen tersebut menarik minat puluhan anak-anak yang berkumpul untuk menyaksikan kehadiran hewan sapi tersebut. Rona kebahagiaan tampak dari wajah-wajah generasi penerus negeri ini.

Masyarakat Dusun Balau menyambut baik bantuan ini dan mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh BKPRMI Bangka. "Atas nama jamaah masjid dan masyarakat Dusun Balau, saya mengucapkan terimakasih kepada BKPRMI Bangka atas diserahkannya sapi kurban ini kepada kami. Setelah dipotong, nantinya daging kurban akan kami bagikan kepada masyarakat. Di Dusun kami ada lebih dari 100 Kepala Keluarga dan sesuai tradisi, kami akan melaksanakan acara nganggung atau Sepintu Sedulang pada hari kedua lebaran," ujar Ketua Masjid Nurul Huda.

Ketua umum BKPRMI Bangka Hari Subari mengajak seluruh pemuda remaja muslim untuk memanfaatkan momen Idul Adha ini untuk menambahkan ketaqwaan kepada Allah SWT. Salah satu wujud ketaqwaan berupa sikap saling peduli dan berbagi kepada sesama manusia.

"Penyerahan hewan kurban merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh BKPRMI Bangka setiap Hari Raya Idul Adha dan lokasinya selalu berpindah setiap tahun. Tahun ini kami menyerahkan satu ekor sapi yang merupakan urunan sumbangan pengurus BKPRMI Bangka. Lokasi pemotongan dan pembagian daging kurban dilakukan di Dusun Balau Desa Labuh Air Pandan Mendo Barat. Kami berharap bantuan ini bisa diterima serta bermanfaat bagi masyarakat yang menerimanya," pungkas Hari.

 

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com