• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ini Batas Maksimal Anda Boleh Menyimpan Daging di Kulkas

Sabtu, 10 Agustus 2019 | 10:00 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Jakarta - Ketika Hari Raya Idul Adha tiba, hampir setiap rumah pasti menyajikan menu serba daging kurban, baik kambing maupun sapi. Namun, pastinya Anda juga tidak langsung mengolah semua daging kurban yang diperoleh hari itu juga. Banyak orang akan menyimpannya di dalam kulkas atau lemari es untuk konsumsi beberapa hari ke depan. Lalu, apakah menyimpan daging mentah di dalam kulkas akan membuatnya bertahan lama? Berapa lama kita seharusnya menyimpan daging mentah dalam kulkas?

Klik Juga : Amalan Sunnah yang Bisa Dikerjakan saat Idul Adha 2019

Jika Anda ingin menyimpan makanan mentah seperti daging sapi atau kambing agar bertahan lama, lemari es memang pilihan yang tepat. Melansir dari Food Safety, lemari es bisa memperlambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan keracunan makanan. Itu asalkan Anda menyimpannya dalam lemari es dengan suhu 4 derajat celcius atau lebih rendah lagi. Meski begitu, perlu diingat bahwa suhu dingin ini hanya memperlambat pertumbuhan bakteri, bukan mematikan dan mengawetkan daging lebih lama. Oleh karena itu, daging mentah bisa saja rusak dan tidak layak makan jika terlalu lama disimpan di lemari es.

Anda bisa menyimpan daging mentah seperti sapi dan kambing di dalam kulkas maksimal selama 3 hingga 5 hari. Setelah batas waktu itu, Anda sebaiknya tidak mengonsumsinya. Tetapi dilansir dari Healthline, Anda juga bisa menyimpan daging sapi dan kambing mentah lebih lama lagi, asalkan menyimpannya dengan cara dibekukan di dalam freezer.

Menurut FDA, Anda bisa menyimpan beberapa potong daging mentah yang sudah dibekukan di dalam freezer selama 4 hingga 12 bulan. Begitu pula dengan daging sapi giling yang dibekukan, Anda bisa menyimpannya hingga 3 bulan. Walau begitu, FDA menyarankan agar Anda menyimpan daging mentah maksimal 2 hingga 3 minggu saja. Hal itu supaya kualitas daging yang Anda konsumsi pun masih terjaga.

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : suara.com