• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Wahab Kaget Ribuan Ikan di Sungai Jeruk Mati Mendadak

Kamis, 08 Agustus 2019 | 20:05 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Ribuan ikan dan udang yang ada di aliran Sungai Jeruk, Kecamatan Mendobarat, Kabupaten Bangka mendadak mati. Belum diketahui secara pasti mengapa ikan-ikan ini mati di wilayah itu. Abdul Wahab, warga setempat mengatakan, ribuan ikan mulai muncul ke permukaan sungai dalam kondisi sekarat sejak Minggu, 4 Agustus kemarin. "Ikannya banyak yang mabuk dan mati. Air sungai juga agak bau," kata Wahab, Kamis (8/8/2019).

 

Berbagai jenis ikan mati di antaranya mujair, gabus, lele dan ikan tawar lainnya. Wahab tidak berani menduga apa penyebab ikan tersebut mati mendadak. Apakah diracun ataupun terkena limbah pabrik. "Ndak tau juga sebab e. Tapi yang jelas ini harus segera diambil tindakan," pinta Wahab. Ia mengatakan, tidak bisa menuduh siapaun dalam kejadian ini lantaran tidak ada bukti. "Tidak ada bukti. Tapi yang jelas pemerintah, dinas terkait harus segera turun ke lapangan. Cek dan ambil sampel air biar ketahuan penyebab ikan tersebut mati," tambahnya.

Apakah ini kejadian kali pertama? Wahab mengaku sudah pernah terjadi namun tidak separah ini. "Kalau yang ini abis semua. Kecil, besar mati," kesalnya.

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com