• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Gonjang-Ganjing Enzo Alie, dari Dugaan HTI hingga Ancaman Dipecat

Kamis, 08 Agustus 2019 | 09:18 WIB
Enzo Zenz Allie, Taruna Akmil TNI Keturunan Perancis. (dok TNI AD).
Loading...

Klikbabel.com, Jakarta - Sosok Enzo Zenz Allie kekinian tengah menjadi buah bibir. Terutama, setelah tersebar video dirinya diwawancarai Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam bahasa Prancis. Ya, Enzo Allie adalah taruna TNI keturunan Prancis. Kepada Hadi, Enzo Allie mengaku ayahnya Jean Paul Francois berasal dari Prancis dan ibunya, Siti Hajah Tilaria, merupakan asli Sumatera Utara. Bukan cuma itu, Enzo Zenz Allie ternyata juga mahir mengaji. Enzo juga menguasai 4 bahasa: Indonesia, Inggris, Prancis, dan Jerman.

Namun, kabar tak sedap beredar terkait Enzo Allie. Terutama setelah beredar foto mirip dirinya membawa bendera berlambang tauhid atau panji Rasulullah. Berikut 5 berita yang sempat mengharubiru terkait Enzo Allie terkait isu terpapar HTI seperti dirangkum SUARA.com (jaringan klikbabel.com), Kamis (8/8/2019):

1. Dugaan terindikasi HTI

Foto mirip Enzo Allie membawa bendera tauhid diunggah oleh akun jejaring sosial Twitter bernama @Dwiyana_DKM dan mendadak viral di jagat maya. Dalam foto tersebut, terlihat sesosok pria mirip Enzo Allie berada di sebuah bukit gersang. Dia menggendong tas ransel. Ada bendera tauhid berwarna hitam dengan gagang yang disangkut ke tasnya. Bukan cuma itu, akun tersebut juga mengindikasikan jika Enzo sebagai simpatisan organisasi kemasyarakatan (ormas) terlarang Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Akun @Dwiyana_DKM juga membubuhkan akun Twitter milik Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto terkait unggahan tersebut. "Masih ingat Enzo Allie, remaja blasteran Indonesia-Prancis yang viral karena lolos jadi anggota TNI? Bersama ibunya HBA, anak ini terindikasi sebagai simpatisan HTI mendukung khilafah & anti pemerintah. Bagaimana ini pak @TjahjantoHadi @jokowi jangan sampai memelihara anak ular," cuitnya.

2. Terancam dipecat

Enzo Zenz Allie akan dipecat jika benar membawa bendera panji Rasulillah bertuliskan kalimat tauhid. Beredar foto mirip Enzo yang bawa bendera tauhid. Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menuturkan jika Enzo terindikasi simpatisan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), ia tak segan-segan memberhentikan Enzo dari Taruna Akmil. "Kalau benar (HTI) saya suruh berhentiin. Makanya dicek dulu. Kalau dia benar-benar khilafah, ya nggak ada urusan," ujar Ryamizard di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/8/2019).

3. DPR minta cek rekam jejak

Anggota Komisi I DPR RI Supiadin menyebut Enzo Zenz Allie bakal dikeluarkan dari taruna Akmil TNI jika memang ada indikasi keterlibatan dirinya dengan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Dugaan taruna Akmil keturunan Prancis terindikasi HTI itu menguat setelah beredar foto seorang pria mirip Enzo yang tengah membawa bendera hitam bertuliskan kalimat tauhid. Supiadin mengatakan, untuk membuktikan hal tersebut benar atau tidak, perlu mendalami rekam jejak Enzo beserta keluarga.

"Mungkin yang perlu didalami adalah track record yang bersangkutan dan keluarganya, termasuk laporan-laporan dari masyarakat. Kalau nanti di kemudian hari selama mengikuti pendidikan taruna ternyata ada laporan-laporan negatif tentang yang bersangkutan, maka yang bersangkutan bisa saja dibatalkan atau dikeluarkan dari pendidikan," kata Supiadin kepada wartawan, Rabu (7/8/2019).

4. Bantahan dari TNI

Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen Sisriadi menegaskan jika taruna Akmil keturunan Prancis bernama Enzo Zenz Allie tidak terpapar radikalisme. Hal itu diungkap Sisriadi menangapi beredarnya foto mirip Enzo yang bawa bendera tauhid. Musababnya, setiap taruna Akmil yang hendak mendaftar harus melaui serangkaian seleksi. Salah satunya seleksi mental ideologi. "Jadi itu sudah kami lakukan semua. Kalau masalah terpapar itu banyak orang terpapar. Mungkin mereka memberikan pendapat-pendapt tentang apa gitu," sambungnya.

Meski demikian, kata Sisriadi, pihaknya akan tetap membuktikan kebenaran ihwal foto Enzo di media sosial. Andai kata hal tersebut benar, pihaknya akan memberikan perhatian khusus, yakni sistem deradikalisasi. "Kami buktikan dulu dia (Enzo) terpapar atau tidak. Nanti kami dalami, andai kata iya ya, kami berikan perhatian khusus. Kami kan punya sistem deradikalisasi," jelasnya.

5. Eks Kepsek SMA pastikan Enzo Pancasilais

Pihak SMA Boarding School Al Bayan memastikan Enzo Zenz Allie bukan pengikut Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), seperti yang ramai diinformasikan melalui media sosial (medsos). "Saya tersenyum (membaca postingan di medsos). Sebagai lembaga (pendidikan) prinsip kami Aswaja dan NKRI harga mati. Kita kirim (siswa) ke Paskibra kecamatan (Anyer) dan belajar PPKN. Saya kira sih Enzo bersih. Jadi sangat kontradiktif (dengan postingan di medsos)," kata Kepala Sekolah SMA Boarding School Al Bayan, Deden Ramdani, saat ditemui di ruangannya, Rabu (7/8/2019).

Secara kelembagaan, pihak SMA Boarding School Al Bayan siap memberikan informasi dan keterangan, jika ada pihak yang membutuhkan kejelasan ideologi Enzo. "Saya bilang (ke orang tua Enzo) serahkan ke Allah, pohon makin tinggi maka angin makin kencang. Jika dibutuhkan secara klarifikasi, kita sebagai lembaga sangat siap. Kita juga pelajarannya terintegrasi dengan ideologis Pancasila," jelasnya.

 

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : suara.com