• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Wilayah Matras Sering Terjadi Kebakaran

Rabu, 07 Agustus 2019 | 10:42 WIB
Lurah Matras Ridwan. Foto ; Rama/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Dialog interaktif dengan tema Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana, digelar Selasa (6/8), di Halaman Kantor Kelurahan Matras, yang juga menghadirkan Wakil Bupati (Wabup) Bangka, Syahbudin. Lurah Matras, Ridwan mengatakan, kegiatan sendiri dimaksudkan dalam upaya untuk menanggulangi bencana, khususnya yang ada di Kelurahan Matras. Ia melanjutkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka sendiri sudah mempunyai beberapa program penanggulangan bencana.

"Ya, kemarin kita ada dialog tentang tanggap bencana. Dalam kegiatan juga disampaikan program Pemkab Bangka yang salah satunya adalah peningkatan kesiagaan bencana dan pencegahan bahaya kebakaran maupun yang lainnya," jelas Ridwan, Rabu (7/8/2019) di ruang kerjanya. Selain sosialisasi dan pelatihan penanggulangan bencana kepada masyarakat, terdapat juga kata Ridwan, kegiatan pelatihan SAR operasional dan pelatihan pemadam kebakaran dan penanggulangan bencana. Menurutnya, prihal kebakaran lahan juga sering terjadi di wilayah Matras, terutama di musim kemarau saat ini. Kebakaran sendiri dipicu oleh tangan-tangan jahil oknum yang tidak bertanggungjawab. "Kadang masyarakat sendiri yang buat itu (kebakaran). Jadi mumpung musim panas kan, jadi mereka mau buka lahan, dibakar," terangnya.

Untuk itu, dirinya sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini, agar setidaknya aparat pemerintahan yang ada di kelurahan serta masyarakat dapat mengetahui langkah-langkah apa saja yang dapat dilakukan ketika menghadapi suatu bencana. Ridwan juga sempat memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak ceroboh melakukan suatu tindakan yang dapat merugikan masyarakat luas seperti membakar lahan di musim kemarau. "Itu kan bahaya juga. Polusi udara juga kan dampak dari asap pembakaran itu. Kasian masyarakat yang lain," tambahnya.

Ketika ditanyai tentang perlu atau tidaknya diterapkan sanksi kepada oknum yang tidak bertanggungjawab membuat kebakaran lahan, dikatakannya, mungkin dapat diusulkan, agar tidak terjadi kembali kejadian tersebut. "Di Matras ini sering terjadi. Kalau dibuat sanksi, ya tergantung pemerintah daerah. Saya rasa perlu, tapi nantinya kalau juga ada, harus berdasarkan pengkajian lagi lebih dalam tentang sanksinya," pungkas Ridwan.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com