• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ingat Makan Daging Kambing Jangan Kalap

Rabu, 07 Agustus 2019 | 13:33 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Jakarta - Beberapa hari jelang Hari Raya Idul Adha, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI akui telah bekerjasama dengan sejumlah pihak khususnya dalam memastikan binatang ternak yang dikurbankan dalam keadaan sehat.

"Iya memang intinya sapinya harus bebas dari penyakit, kami sudah menyuarakan itu dan meminta," ujar Menkes Nila Moeloek, di Gedung Dr. Sujudi, Kementerian Kesehatan, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2019)

Saat hari raya kurban, sering ditemui banyak orang yang 'kalap' dan kebanyakan memakan daging.

Menyikapi hal ini, Menkes Nila Moeloek berharap masyarakat untuk sadar dan tidak abai dalam pemenuhan gizi seimbang dalam makanan sehari-hari.

"Gizi seimbang, isi piringku, tolong dong saya juga suka makan (daging) tapi kira-kiralah (jangan kalap), masa mau makan satu kambing bulat-bulat, jadi dimakan secukupnya aja, kan biasanya cuma lapar mata, dan habis itu hilang," lanjut Menkes Nila Moeloek. 

Sementara itu, bagi ibu menyusui, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat dr. Kirana Pritasari, MQIH meminta untuk sadar diri terlebih bagi yang memiliki riwayat kolestrol dan darah tinggi.

"Cek rutin kan harus nggak hanya besok pas hari idul adha, periodik (cek kesehatan rutin) ya periksa kesehatan. Apalagi punya penyakit hipertensi dan sebagainya, yang penting ibunya sehat, kalau mau menyusui nggak masalah asal hipertensinya terkendali," tutup dr. Kirana.

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : suara.com