• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bangka Selatan Sudah Surplus Beras 3.623 Ton

Selasa, 06 Agustus 2019 | 18:09 WIB
Kegiatan gerakan tanam serentak pengembangan produk unggulan kawasan pedesaan (Prukades) tanaman padi di KPB Batubetumpang, Kecamatan Pulaubesar. Foto : ist/humas basel
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Bupati Justiar Noer mengungkapkan, swasembada beras di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) sudah didepan mata. Apabila, potensi luasan wilayah tanam padi yang tercatat sampai dengan bulan Juli seluas 2.610 ha, panen seluas 4.227,75 ha dan fuso seluas 492,25 ha dapat dioptimalkan dengan baik. 

Hal itu diungkapkan Justiar saat mengawali pidatonya dalam kegiatan gerakan tanam serentak pengembangan produk unggulan kawasan pedesaan (Prukades) tanaman padi di KPB Batubetumpang, Kecamatan Pulaubesar, Selasa (6/8).

"Secara hitungan kasar saja luas sawah 14.789 hektare, satu kali tanam dengan produktivitas 3
ton/ha maka akan menyumbang produksi padi sebesar 44.367 ton gabah. Dan menghasilkan sebanyak 27.507,54 ton beras," ungkapnya. 

Berdasarkan data BPS, jumlah penduduk Basel saat ini adalah 205.901 jiwa dengan kebutuhan beras 116 kg/kapita/tahun sehingga kebutuhan beras adalah 23.884,5 ton. Berdasarkan hitungan diatas, Basel sudah surplus beras sebanyak 3.623 ton. Apalagi
bila dilakukan peningkatan indeks 
pertanaman (IP) 200 atau dua kali tanam.

"Maka Basel dapat memenuhi hampir setengah kebutuhan beras Babel. Oleh karena itu, dalam kesempatan gerakan
tanam serentak ini, kami mengajak khususnya para petani untuk bersama-sama menyukseskan pengembangan prukades tanaman padi di Basel," ajak Justiar.

Dia berharap, kepada semua masyarakat tani di KPB Batubetumpang khususnya dan Basel umumnya untuk terus berpadu dalam usaha pertanian nya. Ikuti petunjuk yang diberikan penyuluh lapangan dan jalin hubungan komunikasi disamping pemkab dan pemerintah pusat terus berusaha meningkatkan pembangunan sarpras pertanian seperti Alsintan.

"Lalu ada JUT, irigasi serta peningkatan kapasitas aparatur penyuluh pertanian dalam mendampingi
petani untuk mengembangkan usaha taninya. Semoga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan masyarakat dapat merasakan banyak manfaat dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di desa meningkat," jelasnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com