• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bupati Bateng Semangati Peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi di Bandung

Minggu, 04 Agustus 2019 | 16:28 WIB
Loading...
Klikbabel.com, Koba - Berikan semangat kepada 15 peserta pelatihan, Bupati Bangka Tengah (Bateng), H Ibnu Saleh datangi Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung.
 
"Kemarin sabtu (3/8), saya bersama Ketua TP PKK Bateng dan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perulizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPPTSPTK) Bateng mengunjungi mereka langsung ke Bandung," kata Bupati Ibnu kepada klikbabel.com, Minggu (4/8).
 
Kunjungan langsung dilakukan, kata Bupati Ibnu sebagai bentuk dukungan moril kepada mereka yang sedang mendapatkan pelatihan.
 
"Saya ingin berikan motivasi secara langsung, maka dari itu saya ketemu mereka langsung. Pada kesempatan itu, kita juga saling mendengarkan pengalaman satu sama lainnya," kata Bupati Ibnu.
 
Bupati Ibnu mengatakan di tahun 2020, pihaknya akan berupaya memberikan bantuan peralatan yang dibutuhkan paska pelatihan tersebut.
 
"Kita anggarkan nanti di tahun 2020 untuk fasilitas yang di butuhkan mereka paska pelatihan. Selain di anggarkan melalui APBD Bateng tahun 2020, kita juga upayakan melalui program CSR," ulasnya. 
 
Bupati Ibnu berharap paska pelatihan sebanyak 15 orang yang sedang mengikuti pelatihan, terdiri 10 orang mengambil jurusan Manufaktur dan 5 orang lainnya jurusan otomotif ini langsung bekerja.
 
"Setelah pelatihan, kita harapkan mereka menerapkan Ilmu pengetahuannya di Bateng," harapnya.
 
Bupati Ibnu mengaku pelatihan ini sangat membantu masyarakat Bateng dalam menentukan sikap hendak bekerja di bidang mana. Sebab, kebanyakan dari masyarakat kuhususnya anak muda mempunyai kemauan jadi seorang Teknisi mesin, tapi tidak diimbangi skill dan pengetahuan yang luas akan mesin serta cara-cara memperbaiki mesin itu sendiri.
 
"Nah inilah tujuan pelatihan. Mereka di latih agar bisa menjadi orang-orang profesional sesuai bidangnya masing-masing dan bermanfaat baginya serta orang lain. Kita cetak mereka menjadi teknisi teknisi yang handal, profesional dan berpengalaman," ungkapnya.
 
Bupati Ibnu pada kesempatan ini menghimbau kepada masyarakat agar kooperaktif mengikuti pelatihan. Tahun 2020, Bateng harus mengikuti pelatihan-pelatihan seperti ini kembali.
 
"Kita kirim terus orang-orang yang mau dilatih dan siap bekerja. Kita akan dukung hingga orang yang dilatih tersebut mendapat ilmu bermanfaat baginya dan orang lain," ulasnya.
 
Terpisah Kepala DPMPPTSPTK Bateng, Kartina mengatakan kegiatan pelatihan ini bersumber dari APBN tahun 2019. Bateng memfasilitasi rekrutmen jumlah peserta sebanyak 15 orang.
 
"Setelah pelatihan, baru kita anggarkan melalui APBD Bateng tahun 2020 untuk pengadaan peralatan penunjang kerja mereka," ungkapnya.
 
Kartina mengatakan di tahun 2019 ada lima Balai Latihan Kerja yang ditunjuk Pemerintah Pusat melaksanakannya. Kelima Balai tersebut, yakni BBPLK Bandung, BBPLK Bekasi, BBPLK Serang, BBPLK Semarang dan BBPLK Medan.
 
"Untuk Bateng mendapatkan Kuota sebanyak 15 orang dan mengikuti pelatihannya di BBPLK Bandung," ungkapnya.
 
Sebanyak 15 orang yang mengikuti pelatihan, kata Kartina merupakan warga Kecamatan Koba, Lubuk Besar, Namang, Simpang katis dan Sungaiselan. Mereka telah lulus tahap seleksi di Bateng, yang sebelumnya sudah di umumkan rekutmen peserta di bulan juni 2019.
 
"Pelatihan Berbasis Kompetensi dengan Standar Nasional ini akan mereka jalankan selama 27 hari, yakni mulai tanggal 19 juli hingga 14 Agustus 2019," katanya.
 
Lanjut Kartina, tahun 2020 nanti pihaknya tetap mengajukan pelatihan berbasis Kompetensi seperti ini. Pemkab Bateng akan menggiring anak-anak muda berwirausaha dengan profesional sesuai skill yang ada dan terlatih.
 
"Setiap tahun akan kita kirim warga Bateng untuk mengikuti pelatihan ini," ulasnya seraya menyebut bagi yang berminat silakan hubungi pihaknya atau silakan mencari informasi melalui media sosial, media online, cetak hingga Wabsaite DPMPPTSPTK Bateng.
 
"Untuk jadwal kegiatan tahun depan akan kita sampaikan setelah mendapat informasi dari Pemerintah Pusat," pungkasnya.
 
Loading...


Penulis  : Roni
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com