• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bupati Ibnu Semarakan HUT Koba 165 Tahun Dengan CFD

Jumat, 02 Agustus 2019 | 10:02 WIB
Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh saat mengikuti CFD (Roni/Klikbabel.com)
Loading...
Klikbabel.com, Koba - Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Koba ke 165 tahun, Bupati Bangka Tengah (Bateng), Ibnu Saleh gelar Car Free Day (CFD).
 
Kegiatan CFD dilaksanakan di jantung Kota Koba, beberapa titik  jalan rayapun di lakukan sistem buka tutup. Jalan raya sejauh kurang lebih 9 Km menjadi objek kegiatan CFD tersebut, yakni dengan start dari Tugu Ikan Kota Koba mengelilingi pemukiman warga Kelurahan Koba, Kelurahan Simpang Perlang, Kelurahan Padang Mulya dan finish kembali di Tugu Ikan Kota Koba.
 
Pantauan wartawan di lapangan, Jumat (2/8) pukul 06.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB. Bupati Ibnu tersenyum lebar bersama masyarakat, ia  mengayuhkan sepedanya dengan semangat. 
 
Selain bersepeda, ratusan orang yang terdiri dari ASN, tenaga honorer, pelajar serta masyarakat umum lainnya juga melakukan jogging dengan rute yang sama. Kegiatan CFD di akhiri dengan senam kesehatan jasmani dan senam lansia.
 
Bupati Bateng mengatakan, dalam rangka merayakan HUT Kota Koba ke 165 tahun, pihaknya ingin memberikan semangat langsung ke masyarakat Koba melalui kegiatan CFD.
 
"Dengan bertambahnya usia Kota Koba, kitapun harus menambah semangat hidup dengan mengisi waktu libur melalui olah raga menyehatkan badan," katanya.
 
Menurut Ibnu Saleh, hari liburnya masyarakat Kota Koba khusus para petani dan penambang timah itu jatuh pada hari Jumat. Mereka akan berhenti bekerja, karena terdapat Sholat Jumat. Maka dari itu, pihaknya mengajak masyarakat melaksanakan CFD ini di pagi hari.
 
"Kalau hari Jumat biasanya petani yang nginap di kebun kembali pulang kerumah, begitupun penambang timah yang berlokasi jauh juga kembali kerumah masing-masing beristirahat sembari melaksanakan Sholat Jumat," ucapnya.
 
Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan CFD, Ibnu Saleh mengaku bahagia melihat masyarakat di Kota Koba bersemangat mengikuti kegiatan CFD. Ada yang mengayuhkan sepedanya dengan kencang, ada juga yang bercengkrama melepas penat sembari jogging.
 
"Bahagia sekali saya melihat mereka tersenyum. Apalagi tadi pas waktu senam, anak-anak juga terpingkal-pingkal tertawa sambil senam melihat nenek-nenek semangat senam Lansia," ungkap Ibnu Saleh.
 
Guna menyehatkan jasmani, Ibnu Saleh akan menjadwalkan rutinitas CFD ini.
 
"Kegiatan inipun rencananya akan dilakukan rutin. Menurut hemat kami, aktifitas sehari-hari akan berjalan lancar ketika fisik kita selalu sehat," ungkapnya.
 
Pada kesempatan ini, Ibnu saleh mengajak masyarakat untuk peduli dengan Kota Koba. Ibu Kotanya Kabupaten Bateng ini memiliki history yang sangat panjang sehingga menjadi kota yang maju dan unggul seperti sekarang ini.
 
"Perlahan kita meningkatkan perekonomian warga melalui kegiatan Kepariwisataan. Objek-objek pariwisata akan kita kembangkan menjadi menarik, sehingga mampu mendatangkan wisatawan manca negara maupun domestik," ungkapnya.
 
Objek wisata yang terus di kembangkan, kata Ibnu Saleh yakni mulai dari Desa Kurau Barat ada objek wisata Hutan Mangrove, Desa Kurau Timurnya ada objek wisata Pulau Ketawai, Desa Terentang ada objek wisata ruang terbuka hijau, Kelurahan Arung dalam ada objek wisata Pantai Kebang Kemilau, Kelurahan Padang Mulya ada objek wista Sumur Tujuh dan Desa Nibung ada objek wisata Danau Biru.
 
"Dengan adanya objek wisata di Kota Koba, Kita harapkan masyarakat bisa mengembangkan usaha kuliner. Seperti di sepanjang jalan raya Kurau sudah berdiri tokoh-tokoh kuliner, yakni getas (kerupuk) berbahan dasar ikan, udang dan cumi. Kita harapkan masyarakat lainnya mampu bekerja sama dengan memasarkan Getas tersebut," ungkapnya seraya menyebut bahwa Kota Koba juga terkenal dengan kulinernya mie Koba.
 
"Wisatawan datang ke Kota Koba, kita upayakan selalu ingat mie Koba dan getas," tambahnya.
 
Diakhir wawancaranya, Bupati Ibnu mengucapkan selamat merayakan HUT Kota Koba ke 165 tahun.
 
"Dirgahayu Kota Koba. Koba selalu Unggul," pungkasnya.
Loading...


Penulis  : Roni
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com