• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Warga Teladan Toboali Tewas di Lokasi Tambang Ilegal Gunung Muntai

Kamis, 01 Agustus 2019 | 22:47 WIB
Evakuasi korban laka tambang. Foto : devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Tambang timah inkonvensional (TI) ilegal yang beroperasi di kawasan kaki Gunung Muntai, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menelan korban jiwa.
Peristiwa nahas tersebut terjadi pada Kamis (1/8) sekira pukul 13.00 WIB.

Adalah Andi, warga Jalan Teladan, Kelurahan Teladan, Toboali yang menjadi
korban dalam laka tambang tersebut. Dia meregang nyawa setalah dikabarkan tertimbun tanah di lubang camui pada kedalam yang diperkirakan sekitar enam meter.

Beberapa jam kemudian, jasad korban baru ditemukan setelah warga dibantu kerabat melakukan evakuasi dan pencarian. Namun, nyawanya tak sempat tertolong.

Rul, warga sekitar yang turut melakukan evakuasi di lokasi mengatakan, ada dua orang yang sehari-harinya bekerja di lokasi tambang.

"Tapi satunya hanya bantu-bantu saja istilahnya ngereman. Lokasi cukup dalam mungkin ada sekitar enam meter, tapi tanah yang ambruk tidak dari atas hanya sebagian saja. Setelah dapat info ada kejadian ini, kita bersama warga lainnya langsung lakukan evakuasi," katanya.

Warga bahu membahu mencari tubuh korban menggunakan peralatan cangkul. Proses evakuasi jasad korban cukup panjang, ditambah kendaraan roda empat tidak dapat menjangkau lokasi.

Warga terpaksa menggotong jasad korban menggunakan kendaraan roda dua. Sesampai dilokasi kendaraan roda empat barulah jasad korban dievakuasi menggunakan kendaraan roda empat jenis truck. Jasad korban tiba dirumah duka di Jl Teladan sekira pukul 17.30 WIB.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com