• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


TCOF Season 4 Menyisakan Kenangan Manis bagi Pelaku UKM, Perputaran Uang Diatas Rp500 Juta

Kamis, 01 Agustus 2019 | 08:14 WIB
Kepala DTKTKUKM Basel Basu Priatna. Foto : Klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Perputaran uang pada event TCOF Season 4 yang berlangsung selama empat hari pada tanggal 25-28 Juli 2019 kemarin, berpusat di kawasan Sport Center, GOR Bangka Selatan meningkat hingga tiga kali lipat dibandingkan pada tahun sebelumnya.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala DTKTKUKM Basel Basu Priatna saat dimintai konfirmasi wartawan pada Kamis (1/8) pagi di ruang kerjanya. Pasalnya, pengunjung semakin memadati lokasi tempat digelarnya event pariwisata nasional itu.

"Peningkatannya cukup signifikan. Pembukaan hari pertama saja berkisar 75 jutaan perputaran uang di TCOF berdasarkan dari para 121 pelaku UKM yang terdaftar. Hari kedua kelipatanya bisa tiga sampai empat kali lipat perputaran uang di sana," sebut Basu Priatna.

Sebab kata dia, pada jam sembilan malam hari kedua dan seterusnya, produk-produk UKM yang dijajakan sudah habis terjual. Baik produk makanan, kerajinan dan lain sebagainya. Diprakirakan, perputaran uang selama gelaran TCOF lebih dari Rp 500 juta.

"Saya kira lebih putaran uang selama TCOF. Bisa dilihat sendiri lah, animo masyarakat yang datang, parkir begitu panjang dan padatnya. Yang saya tanya langsung dengan pelaku UKM, pendapatan mereka bisa tiga kali lipat dari hari biasanya per hari," ungkapnya.

Tergantung, apa yang mereka jajakan. Bahkan, salah satu pelaku UKM yang menjajakan produk makanan setelah didata mampu meraup uang hingga Rp 8 juta per harinya. Yang bisanya hanya meraup Rp 1 juta bisa mencapai Rp 3 juta per hari seiring bertambahnya pengunjung.

"Dari hari pertama, kedua, ketiga dan seterusnya, terus meningkat pendapatan. Kan makin ramai terus dan puncaknya pada penutupan, saya kira ada, putaran uang pada hari penutupan tembus 200 juta an. Saya kira mungkin berkisar di angka 150 sampai 200 juta lah," ungkapnya.

Akan tetapi, pihaknya hanya melakukan pendataan hanya kepada pelaku UKM yang terdaftar. Bilamana disertai dengan mereka yang tidak terdaftar, perputaran uang bisa melebihi dari angka yang seperti disebutkan tadi. Apalagi, tiap hari jumlahnya semakin bertambah.

"Bukan lumayan lagi, ini sudah luar biasa. Makanya para pelaku UKM mengapresiasi ada event TCOF tersebut yang digelar oleh Pemkab Basel. Karena, kata pedagang, pendapatan mereka meningkat cukup signifikan dan apa yang di jajakan selalu habis terjual. Ini juga dirasakan oleh pedagang dadakan," pungkasnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com