• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Jaringan Irigasi Sawah di Desa Tanjungsangkar, Kepoh & Gadung Mulai Dibangun

Kamis, 01 Agustus 2019 | 20:20 WIB
Kabid SDA Dinas PUPRP Basel Hery didampingi Kasi Pengembangan SDA Manson Simarmata memberikan keterangan soal pembangunan jaringan irigasi sawah tahun 2019. Foto : Devi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Tiga titik areal cetak sawah yang ada di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) akan dibangun jaringan irigasi pada tahun 2019 ini. Dari tiga titik yang dibangun, dua titik dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan satunya bersumber dari APBD kabupaten.

Plt Kepala Dinas PUPR Basel Achmad Ansori melalui Kabid SDA Hery didampingi Kasi Pengembangan SDA Manson Simarmata mengungkapkan, dua areal cetak sawah yang akan dibangun dari anggaran DAK berada di Desa Gadung dan Desa Kepoh Kecamatan Toboali.

"Untuk di Desa Gadung pagunya 11 miliar lebih dan nilai kontraknya 10 miliar lebih. Jaringan irigasinya akan dibangun diatas areal cetak sawah seluas 423 hektare. Sedangkan di Desa Kepoh, secara fungsional akan dibangun seluas 300 hektare dengan total anggaran 1,3 miliar," ujarnya, Kamis (1/8) sore.

Sementara, jaringan irigasi yang akan dibangun menggunakan APBD kabupaten berada di Desa Tanjungsangkar,  Kecamatan Leparpongok (Lepong). Anggaran yang dikucurkan mencapai Rp 1,9 miliar dengan luas cetak sawah mencapai 361 Ha. Namun, untuk membangun irigasi secara keseluruhan membutuhkan dana sekitar Rp 17 M.

"Progresnya sekarang baru tanda tangan kontrak, pada 15 Juli,dua minggu lalu. Mungkin sekarang masih tahap mobilisasi karena baru jumat kemarin kita lakukan sosialisasi dengan masyarakat situ. Yang jelas, ketiganya sudah tanda tangan kontrak, tak lama lagi mulai dibangun," paparnya.

Berdasarkan data, terdapat 20 titik areal cetak sawah yang membutuhkan jaringan irigasi dimana 11 titik telah dilakukan pembangunan. Masih kata Hery, pembangunan irigasi ini tentunya berdasarkan skala prioritas dengan pertimbangan ketersediaan air dan minat warga untuk bertani.

"Pembangunan irigasi sawah di Basel dilakukan secara bertahap berdasarkan skala prioritas. Irigasi sawah sangat dibutuhkan petani, dan tentunya pemkab akan membangun secara bertahap berdasarkab skala prioritas, harapan kita pengairan sawah baik dan lancar sehingga produksi padi petani bisa optimal tentunya," pungkasnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com