• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Rencana Awal di Tulung Selapan, Titik Jembatan Bangka-Sumatera Berada di Wilayah Air Sugihan

Jumat, 26 Juli 2019 | 22:48 WIB
Wabup OKI Dja'far Shodiq saat diwawancarai awak media usai penandatanganan MoU pembangunan daerah dengan Pemkab Basel. Foto : Devi/klikbabel.com-
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Pemkab Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumsel merencanakan, titik lokasi penghubung jembatan dari wilayah OKI berada di wilayah Kecamatan Air Sugihan dari rencana awal di Tulung Selapan. Pasalnya, jarak antara Air Sugihan ke Pulau Bangka lebih dekat. 

Usai melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU dengan Pemkab Basel dalam pembangunan daerah, Jum'at (26/7) siang di ruang kerja Bupati Basel, Wabup OKI Dja'far Shodiq mengatakan, Pemkab OKI dalam hal ini sudah melakukan sejumlah persiapan. 

"Rencananya insya allah di Air Sugihan, itu lebih dekat. Bukan berarti tidak mau karena panjangnya, tapi sudah ada perhitungan sendiri walaupun lewat Air Sugihan pun hampir sama dengan di Tulung Selapan. Pemkab OKI saat ini masih nego-nego. Kalau sudah ada rencana bangun jembatan, tentu kita harus siapkan akses jalan," ujarnya. 

Dinas PU OKI, kata Dja'far sudah diatensikan untuk menindaklanjuti pembangunan akses jalan tembusan dari titik lokasi jembatan. Saat ini, pemerintah pusat masih menunggu penyampaian rencana pembangunan jembatan tersebut dari Pemkab OKI dan titik lokasi yang akan digunakan.

"Insya allah kita mau segera mungkin, tapi belum bisa menentukan kapan disampaikan hari dan tanggalnya. Tapi Pemkab OKI selalu berusaha secepat mungkin. Kemarin kan baru sudah pertemuan dengan pihak kementerian, insya allah tahun 2020 mulai penganggarannya dan dimulai di 2021," terangnya. 

Guna mendukung perekonomian antar kedua pulau tersebut, tentu dia sangat mendukung rencana pembangunan jembatan Bahtera (Bangka-Sumatera) tersebut. Dia yakin, kalau jembatan tersebut sudah berdiri, ekonomi antara OKI dan Basel akan meningkat hingga 5 persen. 

"Saya yakin itu ekonomi antara Basel dan OKI akan semakin baik. Bukan hanya sekitar dua sampai tiga persen, malah bisa sampai lima persen untuk kenaikannya. Insya allah dapat meningkatkan ekonomi masyarakat karena kita sudah punya hitung-hitungan," jelasnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com