• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Rapat Pleno Penetapan Kursi DPRD Bangka Ditunda

Senin, 22 Juli 2019 | 23:24 WIB
Suasana pleno penetapan hasil pemilu 2019. Pleno tersebut ditunda hingga adanya hasil putusan MK. (Foto : Ramandha/klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Sungailiat - Rapat pleno penetapan perolehan kursi Partai Politik (Parpol) dan calon terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka hasil Pemilu tahun 2019, yang seharusnya digelar Senin (22/7/2019) malam ini, akhirnya ditunda.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka, M. Hasan dalam paparannya saat rapat pleno terbuka di room Aurora Tanjung Pesona, Sungailiat, Bangka mengatakan, penundaan sendiri berdasarkan surat yang sampai ke pihaknya melalui KPU Provinsi perihal penundaan.

"Malam ini bersamaan dengan penetapan putusan MK (Mahkamah Konstitusi), penetapan kursi di DPRD Bangka akhirnya, KPU Bangka menunda penetapan perolehan kursi, sampai adanya keputusan lebih lanjut dari MK," jelasnya.

Hasan melanjutkan, rapat pleno terkait penetapan kursi politik dan calon anggota terpilih yang semulanya digelar malam ini Senin (22/7/2019), merupakan tahapan terakhir dari beberapa rangakaian agenda  dalam Pemilu 2019.

"Ini (pleno penetapan) sebenarnya merupakan tahapan akhir dari seluruh rangkaian pemilu 2019 lalu, yang telah berjalan dalam 20 bulan terakhir. Mulai dari pendaftaran hingga ke pencoblosan para calon," ucapnya.

Lebih lanjut, proses yang dimaksud juga berdasarkan hitungan berjenjang, mulai dari tanggal 17 April lalu hingga pada akhirnya menemukan partai-partai mana saja yang nanti menduduki kursi DPRD Kabupaten Bangka. 

Sementara itu, perihal adanya penundaan dalam penetapan kursi di DPRD, pihaknya meminta maaf kepada seluruh undangan yang hadir, karena sebelumnya memang pihaknya sudah menyebarkan undangan. "Kami mohon maaf dengan adanya keputusan ini. Karena kami juga baru mendapatkan surat dari KPU pusat yang diteruskan melalui KPU Provinsi,'' tuturnya.

''Juga terutama kepada para partai politik yang sebelumnya sudah menerima undangan, kami mohon maaf,'' sambung Hasan.

Divisi teknis KPU Bangka, Iman Supiar dalam paparannya juga meminta maaf dengan ketidaknyamanan tersebut. Pihaknya akan terus mengupdate informasi terkait penetapan perolehan kursi parpol DPRD Bangka sampai mendapatkan keputusan dari MK nantinya.

''Karena setelah kita jadwalkan dari sebelumnya, ternyata ada surat dari KPU pusat, bahwa penyelenggaraan penetapan kursi diadakan setelah adanya keputusan dari MK,'' pungkas Iman.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com