• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Label Kalung Sehat akan ada di Hewan Kurban

Kamis, 18 Juli 2019 | 13:25 WIB
Kepala Dinas Pertanian Bangka, Kemas Arfani. (Foto : Ramandha/klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Sungailiat - Pengecekan kesehatan hewan kurban menjelang perayaan Lebaran Idul Adha disetiap konter penjualan sapi maupun kambing, akan dilakukan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Bangka. Hal tersebut juga akan mencakup seluruh wilayah Kabupaten Bangka, termasuk di Kecamatan Belinyu.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Kemas Arfani Rahman mengatakan, pengecekan ini dilakukan dalam rangka memberikan jaminan keamanan konsumsi masyarakat.

Pihaknya akan membentuk lima tim kesehatan hewan kurban dan akan diterjunkan langsung ke lapangan di delapan kecamatan yang ada. "Satu orang dokter akan ada di dalam tim, dibantu oleh sejumlah pegawai. Mereka akan melakukan pemeriksaan hewan di semua tempat penjualan hewan kurban," jelasnya, Kamis (18/7/2019).

Nantinya, hewan tersebut akan diberikan tanda kalung, bagi yang sudah dilakukan pengecekan dan dinyatakan sehat. Tanda kalung juga dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat membeli hewan kurban.

Bagi masyarakat yang ingin membeli hewan kurban, diimbau Kemas untuk terlebih dulu melakukan pengecekan hewan yang diperjual belikan apakah memiliki kalung berlabel sehat tersebut. ''Setiap hewan yang kita nilai sehat akan diberi kalung dengan lebel yang akan dikalungkan dileher hewan. Baik sapi ataupun kambing yang dinyatakan tidak sehat, akan dikaji terlebih dahulu untuk mengetahui apakah jenis penyakitnya membahayakan apa tidak,'' terangnya.

Lebih lanjut, Kemas menyampaikan, tim kesehatan hewan ini akan mulai melakukan tugasnya setelah ada pedagang yang mulai menjual hewan kurban tersebut H-3 Hari Raya Idul Adha.

Tidak hanya itu, tim juga akan kembali terjun ketika pemotongan hewan kurban dilakukan. ''Mereka akan memeriksa hati dan paru hewan kurban yang dipotong, untuk mengetahui apakah ada cacing atau tidak, jika ada akan dimusnahkan,'' pungkasnya.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com