• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Desa Karya Makmur Harus Punya Magnet

Kamis, 18 Juli 2019 | 10:25 WIB
Rapat pembentukan Peraturan Desa mengenai PAD di Balai Desa Karya Makmur, Kamis (18/7). Foto : Hairul/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Memiliki letak geografis yang sangat luar biasa, Desa Karya Makmur, Kabupaten Bangka, Bangka Belitung terus menggali potensi guna menambah pendapatan desa.

Kepala Desa Karya Makmur Yusni Tamrin menjelaskan, terdapat tiga potensi desa yang bisa dikembangkan lebih lanjut. Misalkan, dari letak geografis dan kewilayahan, kependudukan dan sumber daya manusia Desa Karya Makmur.

Yusni menyebutkan, Desa Karya Makmur dilewati jalan provinsi yang menghubungkan antar kabupaten. Oleh karena itu, Karya Makmur harus punya magnet untuk membuat mereka singgah.

"Misalkan banyak yang jual makanan, jualan kerajinan, UMKM. Pasar desa bisa jadi potensi," kata Yusni dalam rapat pembentukan Peraturan Desa mengenai  PAD di Balai Desa Karya Makmur, Kamis (18/7).

Yusni meyakini, dengan ragam sumber daya manusia yang ada saat ini potensi desa bisa terus digali. "Kita ingin mandiri desa ini. Jadi tidak tergantung dengan dana-dana diluar yang sah," tambahnya.

Untuk itu, kedepan kata Yusni dengan adanya peraturan desa maka akan semakin legal dan sah. "Kita akan menjadikan sarana olahraga misalkan untuk pemasukan desa. Saat ini yang mau pakai ya pakai. Tapi kedepan harus jadi pemasukan juga. Karena ada biaya perawatan disana," bebernya.

Tak hanya itu, pengelolaan sampah kata Yusni juga bisa dijadikan potensi yang ada. "Ada 7 struktur keuangan desa. Mulai dari ADD, transfer pajak dan retribusi, bantuan gubernur, dana desa dan penghasilan yang sah," tambahnya.

Namun kata dia, desa tidak bisa tergantung dengan hal tersebut saja. Perlu progres lain sehingga bisa terus memberikan kemakmuran untuk masyarakat desa.

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com