• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Modal untuk Pendirian Bagan Ikan Mencapai Rp100 Juta

Rabu, 17 Juli 2019 | 10:22 WIB
Bagan ikan terapung. Foto : ilustrasi/net
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Bagi masyarakat pesisir, mengandalkan hasil laut adalah salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tidak hanya dengan memancing atau menjaring ikan namun, bagi mereka yang punya modal bisa dengan membuat bagan.

Namun, modal pembuatan bagan tidaklah sedikit. Setidaknya, membuat bagan dengan ukuran standar bisa merogoh kocek hingga Rp100 juta.

"Itu bagan saja pak, belum perahu, mesin dan lain-lain," kata Akiong, salah satu pengusaha yang pernah membuat bagan, Rabu (17/7).

Menurut dia, untuk modal lengkap dengan perahu, mesin dan lainnya bisa mencapai Rp300 juta. "Ada teman yang baru buat, habis Rp300 juta," tambahnya.

Besarnya modal membuat dirinya kini beralih usaha. "Sekarang mending jual alat-alat pancing seperti ini pak. Kalau bagan, apalagi angin kencang rawan. Bisa roboh," ucapnya.

Meski demikian, Akiong mengakui masih banyak para pemodal yang mendirikan bagan. Sebab, hasil yang didapatkan juga memuaskan. "Apalagi kalau pas musim ikan, untung pak," jelasnya.

 

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com