• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Berkat PUBG, Chang Byung-gyu Punya Kekayaan Rp12,4 Triliun!

Rabu, 17 Juli 2019 | 07:02 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Korsel - Chang Byung-gyu masuk ke daftar orang terkaya di Korea Selatan. Dirinya masuk ke daftar tersebut dikarenakan game bergenre survival, yakni Player Unkown's Battleground (PUBG). Lantas, siapakah Chang Byung-gyu?

Chang Byung-gyu merupakan pendiri dan Komisaris perusahaan video game Krafton. Krafton adalah perusahaan pengembang game PUBG tersebut.

Chang Byung-gyu diperkirakan mempunyai kekayaan USD890 juta atau sekira Rp12,4 triliun (Rp13.930 per USD). Kekayaan tersebut terbanyak disumbangkan dari game PUBG.

Game multiplayer online ini langsung hit setelah diluncurkan pada 2017. Game tersebut mendorong Krafton (saat itu bernama Bluehole) ke panggung global.

Popularitas PUBG sejak itu telah memunculkan ratusan game "battle royale" yang serupa. Di mana, permainan tersebut berisikan 100 pemain yang berjuang untuk menjadi pemain terakhir yang bertahan. Salah satunya juga Fortnite menjadi yang paling terkenal.

Seperti dikutip dari Forbes, Rabu (17/7/2019), Tencent membayar lebih dari USD500 juta untuk kepemilikan 10% saham Krafton pada 2018. Tahun itu, PUBG menghasilkan jumlah pemain rekor dan mencapai USD100 juta dalam penjualan pra-rilis hanya dalam 79 hari.

Menyusul keberhasilan itu, pendapatan Krafton meroket lebih dari tiga kali lipat menjadi USD1 miliar pada tahun 2018, membuat laba bersih mencapai USD220 juta.

Padahal, pada tahun sebelumnya, perusahaan mencatat kerugian hingga USD820 juta.Chang yang berumur 46 tahun dan istrinya memiliki sekitar 20% saham dari Krafton, yang terus didiversifikasi ke operasional game tersebut untuk membeli pengembang game mobile dari Korea Selatan, yakni Red Sahara Studio pada bulan Maret 2018.

"Mahakarya diciptakan melalui proses yang menyakitkan dan sabar," kata Chang dalam sebuah email.

 

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com