• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Lestarikan Permainan Tradisional, Komunitas Ini Gelar Lomba Gasing

Minggu, 14 Juli 2019 | 16:01 WIB
Ilustrasi gasing.
Loading...

Klikbabel.com, Simpangkatis - Komunitas Sakapot Ancop menggelar lomba gasing. Perlombaan digelar guna melestarikan permainan tradisional.

Ketua Komunitas Sakapot Ancop Kabupaten Bateng, Agus mengatakan, lomba gasing yang diselenggarakan ini merupakan rangkaian kegiatan Festival Seni dan Budaya Kecamatan Simpang Katis tahun 2019. "Jadwal lombanya tanggal 19 Juli 2019," kata Ayak-biasa disapa kepada klikbabel.com, Minggu (14/7).

Lanjut Ayak, ada tiga kategori perlombaan gasing yang dilaksanakan. Yakni ketegori individu, peregu dan Garsing Uri. "Kategori gasing individu, yakni pemain akan mengadu gasingnya satu lawan satu hingga muncul pemenang," jelasnya.

Kemudian, kategori gasing peregu ialah setiap regu memiliki 3 orang pemain gasing, mereka akan beradu tiga lawan tiga hingga muncul pemenang akhir. "Lalu katagori Uri. Dimana semua pemain gasing secara bersamaan memainkan gasingnya. Pemilik gasing yang paling lama berputar akan menjadi pemenang atau juara," ulas Ayak.

Ayak mengatakan, saat ini panitia penyelenggara masih membuka pendaftaran lomba gasing. Untuk kategori Individu/perorangan dikenakan uang pendaftaran sebesar Rp.25.000, kategori peregu sebesar Rp.90.000 dan kategori Uri sebesar Rp.10.000.

"Bagi yang mau daftar silakan daftarkan ke Panitia di Desa Puput, atau hubungi nomor 083175728705," katanya.

Terkiat hadiah, ayak mengaku akan memberikan uang pembinaan, piala dan piagam. "Total hadiah yang disiapkan dalam bentuk uang pembinaan mencapai Rp.3.500.000,-. Lalu piala dan piagam akan diterbitkan oleh Komunitas Ngensanak Bergasing Bateng," ulasnya.

Menurut Ayak, kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama Pemerintah Kecamatan Simpang Katis dan Komunitas Ngensanak Bergasing Bateng serta di dukung oleh Bupati Bateng, H.Ibnu Saleh. "Rencananya yang membuka kegiatan ini nantinya Bupati Bateng, H Ibnu Saleh," ungkap Ayak.

Camat Simpang Katis, Roy Haris mengatakan kegiatan festival seni budaya rutin dilakukan pihak Kecamatan Simpang Katis bekerjasama dengan beragam komunitas, karang taruna dan seluruh Pemerintahan Desa se Kecamatan Simpang katis.

"Puncak perayaan festival seni budaya ini, yakni di hari perayaan kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2019," ulasnya.

Lanjut Roy, saat ini beragam perlombaan sudah dilaksanakan oleh sebagian para jomunitas. Mereka boleh membuka kegiatan lombanya dalam bentuk open cakupan tingkat kecamatan, Kabupaten Bateng hingga Provinsi Babel.

Tujuan kegiatan ini tidak lain mempererat jalinan silaturahmi antar masyarakat di kampung-kampung atau desa.

Bupati Bateng, H Ibnu Saleh mengaku sudah mengetahui kegiatan yang akan diselenggarakan Komunitas Sakapot Ancop bersama Komunitas Ngensanak Bergasing tersebut. "Saya bangga gasing yang merupakan permaianan masyarakat di kampung atau desa selalu lestari," tutupnya.

Loading...


Penulis  : Roni
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com