• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Smart IN PIRT Dinkes Bangka Jaring 65 Industri Pangan Rumah Tangga

Jumat, 12 Juli 2019 | 14:23 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Bangka, dr. Then Suyanti. (Foto : Ramandha/klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Sungailiat - Sejauh ini sejumlah 65 industri pangan rumah tangga telah mendaftarkan produknya melalui sistem pendaftaran perizinan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) berbasis online.

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Then Suyanti mengatakan, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka telah menjalin koordinasi dengan Kepala Desa se-Kabupaten Bangka untuk melaporkan industri pangan rumah tangga di setiap desa. 

Ia melanjutkan, pihaknya akan membantu tahap demi tahap terkait proses pendaftaran tersebut. Sejak dilauching pada bulan Mei lalu, dikatakannya, sudah terdapat 65 industri rumahan yang mendaftar dan akan ditindaklanjuti. ''Sudah ada total 65 yang clear. Artinya mereka sudah lulus verifikasi dari kita," jelasnya, Jumat (12/7/2019).

Sementara itu, dari data yang diterima melalui kepala desa, akan dilakukan monitoring secara intensif untuk segera mengikuti tahapan registrasi bagi pelaku usaha bersangkutan. ''Intinya kita minta mereka segera melakukan proses registri yang dapat diakses melalui dinkes.bangka.go.id. Nanti sebelum mereka mendaftar kita akan pandu,'' tutur Then.

Imbauan juga diberikan Kadinkes tersebut kepada para pelaku usaha industri pangan rumah tangga agar dapat memanfaatkan kemudahan yang telah difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka demi menjamin keamaan konsumsi masyarakat. 

"Ini sebagai salah satu syarat sebuah produk pangan. Juga sebagai penjamin keamanan bagi masyarakat kita yang mengonsumsi, jangan sampai masyarakat kita was-was untuk mengonsumsi produk,'' tutup Then.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com