• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Honorer dan Tenaga Kontrak di Pemkab Bangka Akan Ditiadakan

Kamis, 11 Juli 2019 | 22:09 WIB
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten Bangka Baharita. Foto : Rama/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Tenaga honorer dan kontrak yang sebelumnya bekerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka akan ditiadakan. Hal tersebut akan dimulai pada tahun 2023 mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten Bangka Baharita mengatakan, aturan tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Untuk 5 tahun kedepan tidak ada lagi tenaga honor. Yang ada itu PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan PPPK," jelasnya, Kamis (11/7/2019).

Namun, peluang tenaga honor menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui jalur PPPK tetap terbuka dengan mengikuti seleksi rekrutmen pegawai negeri dengan perjanjian kontrak tersebut.

Untuk PPPK sendiri, dikatakan Baharita, setiap tahunnya akan terus diadakan perekrutan. Pada tahun ini sekitar 65 persen PPPK dan 35 persen PNS akan direkrut pemerintah. ''Rekrutmen PPPK ini peruntukkannya untuk tenaga honor yang sekarang, bukan untuk umum," ungkapnya.

Ditanyai tentang jenjang pendidikan tenaga honor Pemkab Bangka untuk tamatan SMA/SMK, apakah diperbolehkan mengikuti seleksi PPPK nanti, menurutnya hal tersebut belum bisa dipastikan sebelum ada penentuan formasi dari pemerintah pusat.

Dirinya juga menginginkan pemerintah pusat dapat memberikan formasi penerimaan PPPK yang sebanyaknya kepada pemerintah daerah. Keinginannya itu mengingat pada tahun ini saja, sejumlah 158 orang ASN akan pensiun di lingkungan Pemkab Bangka.

"Mudah-mudahan nanti banyak formasi untuk penerimaan PPPK ini karena pensiun di kita 158 orang, paling tidak tenaga honor yang lulus seleksi menjadi PPPK nanti bisa menutupi kekurangan pegawai di sini,'' pungkasnya.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com