• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


DPRD Babar Sahkan Tiga Raperda Pemkab Babar

Kamis, 11 Juli 2019 | 15:55 WIB
Loading...
Klikbabel.com, Muntok - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bangka Barat kembali menggelar rapat Paripurna di Gedung Mahligai Betason 2. 
 
Kali ini, Paripurna yang digelar adalah mengesahkan tiga Rancangan Peraturan Daerah ( Raperda ) menjadi Peraturan Daerah ( Perda ) Kabupaten Bangka Barat. Tiga Raperda yang disahkan yakni Raperda tentang pengelolaan zakat, Raperda tentang retribusi izin mendirikan bangunan dan Raperda tentang pengelolaan cagar budaya.
 
Bupati Bangka Barat, Markus SH mengatakan dengan pengelolaan yang baik, zakat merupakan sumber daya potensial yang dapat dimanfaatkan dalam upaya mengentaskan kemiskinan untuk mewujudkam kesejahteraan umum bagi seluruh masyarakat.
 
"Dengan dibentuknya Peraturan Daerah ini, diharapkan dapat ditingkatkan kesadaran masyarakat untuk menunaikan kewajiban zakat dalam rangka menyucikan diri terhadap harta yang dimilikinya, mengangkat derajat Mustahik dan meningkatnya profesional pengelolaan zakat," kata Markus, Kamis (11/07/2019)

 

Selanjutnya, untuk Raperda tentang retribusi umum, kata Markus pungutan retribusi atas pelayanan izin mendirikan bangunan digunakan oleh pemerintah daerah untuk membiayai penyelenggaraan perizinan yang meliputi penerbitan dokumen izin, pengawasan di lapangan, penegakan hukum, penatausahaan dan biaya untuk meminimalisir dampak negatif dari pemberian izin. 
 
Sedangkan untuk Raperda tentang Pengelolaan Cagar Budaya, Markus menambahkan peraturan daerah tentang pengelolaan cagar budaya bertujuan untuk mempertahankan keaslian cagar budaya yang mengandung nilai sejarah, ilmu pengetahuan dan kebudayaan dan melindungi dan memelihara cagar budaya dari kerusakan dan kemusnahan baik karena tindakan manusia maupun proses alam. 
 
"Oleh karena itu, upaya pelestariaannya mencakup tujuan untuk melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkannya. Hal itu berarti bahwa upaya pelestarian perlu memperhatikan keseimbangan antara kepentingan akademis, ideologis dan ekonomis," tambahnya.
Loading...


Penulis  : Ira
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com