• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ibnu Saleh Sosialisasi Aplikasi Sipelanduk

Rabu, 10 Juli 2019 | 19:14 WIB
Loading...
Klikbabel.com, Namang - Di momen pembagian Akta Nikah masyarakat Non Muslim, Bupati Bangka Tengah (Bateng), H Ibnu saleh sosialisasikan Aplikasi Sipelanduk hingga membagikan alat sekolah siswa kurang mampu di Desa Kayu Besi Kecamatan Namang Kabupaten Bateng.
 
"Sekarang pelayanan administrasi kependudukan di Bateng sudah di permudah," kata Bupati Bateng, H Ibnu saleh di hadapan masyarakat Kayu Besi, Rabu (10/7).
 
Menurut Ibnu saleh, Bateng memiliki Aplikasi Sipelanduk sejak tahun 2016. Masyarakat yang mau membuat dokumen kependudukan, seperti akte kelahiran, akta kematian, akte nikah non muslim hingga Kartu Keluarga cukup instal Aplikasi Sipelanduk kemudian lakukan petunjuk yang ada pada Aplikasi tersebut.
 
"Setelah melakukan petunjuk pada Aplikasi tersebut. Masyarakat membawa persyaratan yang di lengkapi penghantar dari Desa/Kelurahan ke Disdukcapil Bateng. Setelah datang, pihak Disdukcapil akan segera mencetak dokumen kependudukan yang menjadi kebutuhan masyarakat tanpa menunggu lama dan gratis," kata Ibnu Saleh.
 
Jika masyarakat berhalangan hadir, Ibnu saleh mengungkapkan saat ini setiap Desa/Kelurahan memiliki Petugas Register administrasi kependudukan. Silakan di titipkan ke Petugas register, kemudian tunggu saja di rumah. Tugas petugas Register, yakni melayani semua kebutuhan masyarakat di bidang administrasi kependudukan.
 
"Biasanya setelah dokumen kependudukan selesai, petugas register mengantarnya langsung kerumah warga. Sekarang ini semua pelayanan administrasi kependudukan sudah kami permudah," katanya.
 
Kepada masyarakat yang belum memiliki Identitas diri, Ibnu saleh meminta agar segera melengkapi Identitas diri. Jika masyarakat belum memiliki KTP E. 
 
"Silakan melakukan perekaman KTP E di kantor Camat terdekat, tidak perlu repot harus ke Disdukcapil Bateng yang ada di Koba bagi bertempat tinggal jauh dari Koba," katanya.
 
Kepada Kepala Desa (Kades) se Bateng, Ibnu saleh mengucapkan terimakasih karena telah berpartisipasi menyukseskan Pelayanan administrasi kependudukan, sehingga Bateng di tahun 2019 ini meraih Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari Presiden.
 
"Peranan Kades dan lurah se Bateng luar biasa sehingga kita dapat penghargaan MKK di tahun 2019," ungkapnya.
 
Ibnu saleh mencontohkan Kades Kayu Besi, Yohanes. Ia memfasilitasi Pemerintah Bateng membagikan 25 akta nikah kepada masyarakat non muslim sembari memberikan bantuan Alat Sekolah kepada siswa kurang mampu.
 
"Apalagi hadir anggota DPD RI Wilayah Babel, Pak Bahar buasan. Ini luar biasa perhatiannya kepada masyarakat Kayu Besi. Patut di acungi jempol, kami apresiasi sekali," katanya.
 
Ibnu saleh berharap semua Program Pemerintahan Bateng bermanfaat bagi masyarakat. Silakan manfaatkan dana yang ada di Desa untuk meningkatkan perekonomian rakyat, dan membantu warga kurang mampu.
 
"Alhamdulilah program kita selaras dengan program Desa. Masyarakat banyak terbantukan, seperti biaya anak sekolah untuk membeli perlengkapan sekolah yang saat ini dilakukan Pemerintah Desa Kayu besi," ungkap Ibnu saleh.
 
Menurut Ibnu saleh, Unggulnya Bateng, unggul juga Pemerintahan Desa nya.
 
"Bateng Unggul, Desanya harus lebih Unggul," pungkasnya.
 
Pantauan klikbabel.com, Ibnu saleh bersama Anggota DPD RI Baharbuasan, Kepala Disdukcapil Bateng, Zulhasnan dan Kades Kayu Besi, Yohanes memberikan Dokumen kependudukan berupa akte nikah non muslim dan alat sekolah kepada siswa kurang mampu.
Loading...


Penulis  : Roni
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com