• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kinerja Kades Dianggap Kurang, Mulkan : Kenapa Sih Mereka Itu?

Selasa, 09 Juli 2019 | 16:40 WIB
Bupati Bangka, Mulkan saat diwawancarai wartawan. (Foto : Ramandha/klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Sungailiat - Bupati Bangka, Mulkan, meminta para kepala desa (kades) di Kabupaten Bangka, agar dapat bekerja dengan semaksimal mungkin dalam menjalankan roda pemerintahan di desa mereka.

Mulkan menilai, kinerja para kades hingga saat ini sangat kurang, terutama dengan terbuktinya serapan anggaran di desa-desa yang ada di Kabupaten Bangka masih sangat minim. ''Tadi kita rapat intern kita dengan para kades. Disana kita berikan masukan-masukan lah, ada dari KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) juga,'' jelasnya, usai menghadiri rapat koordinasi kepala desa dan aparatur pemerintahan se-Kabupaten Bangka, Selasa (9/7/2019) di OR Bangka Setara, Kantor Bupati Bangka.

Ia menilai, masih adanya keraguan dari para kades dalam hal penggunaan serta penyerapan anggaran desa tersebut. Untuk itu, pihaknya ingin mengetahui, apa saja masalah yang dihadapi para kades, sehingga terbukti sangat minim dalam penggunaan anggaran desa itu.

Bupati Bangka ini juga menginginkan dalam masa pemerintahannya 5 tahun kedepan, ditemukan solusi atas permasalahan terkait, agar pelaksanaan pemerintahan desa dapat berjalan secara maksimal dan berdampak positif bagi masyarakat di desa. ''Kenapa sih mereka (kades) itu, penyerapan anggaran desanya yang saat ini tidak sampai 100 persen, malahan ada beberapa desa serapannya dibawah 50 persen,'' tuturnya. 

Lebih lanjut, ia berharap penggunaan serta penyerapan anggaran desa dapat berjalan dengan maksimal dan jangan hanya sebatas penggunaan anggaran yang bersifat infrastruktur saja. 

Serapan anggaran desa yang diharapkan Mulkan, setidaknya dari 70 persen penggunaan anggaran dapat menciptakan lapangan kerja di desa dan usaha-usaha di desa. ''Kita jangan terfokus kepada infrastruktur. Kalau bangun jalan itu kan memang sudah seharusnya. Kita ingin setidaknya nanti penggunaan anggaran desa 70 persennya dapat digunakan untuk usaha-usaha di desa, agar desa juga kembali mendapat feedback (timbal balik) dari penggunaannya,'' tutup Mulkan.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com