• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Biaya Produksi Mahal, Pabrik Pengolahan Kurang Penyebab Harga Sawit Anjlok

Selasa, 09 Juli 2019 | 09:37 WIB
Kepala Dinas Pertanian Bangka, Kemas Arfani. (Foto : Ramandha/klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Sungailiat - Anjloknya harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit ditingkat petani, ternyata disebabkan oleh tingginya produksi sawit perusahaan-perusahaan sawit, khususnya di wilayah Kabupaten Bangka. Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Kemas Arfani, Senin (8/7/2019). 

Menurutnya, untuk jenis komoditi sawit di Bangka, CPO (minyak mentah) memang tinggi karena luas perkebunan sawit sangat besar. ''CPO-nya memang tinggi. Banyak kebun sawit, baik di perkebunan swasta maupun milik masyarakat cukup besar sehingga pabrik yang ada tidak mampu produksi CPO," jelasnya.

Ia melanjutkan, dengan kurangnya tempat pengolahan CPO ini, membuat harga komoditi sawit di Kabupaten Bangka pun mengalami penurunan harga. 

Salah satu upaya yang dapat dilakukan agar sawit mempunyai nilai jual cukup tinggi, sehingga membuat para petani tidak merugi, harus ada penggiatan investasi seperti membangun pabrik pengolahan CPO di daerah. ''Di sini 7 unit pabrik yang ada, hanya produksi CPO saja. Sementara untuk pengolahan produksi CPOnya sendiri belum ada," ucap Kemas. 

Selain itu, dengan adanya industri pengolahan CPO nantinya, dapat mengatasi anjloknya harga sawit ditingkat petani. 

Dirinya juga meminta, seluruh elemen masyarakat dapat mendorong investasi kedepannya dalam bentuk industri pengolahan CPO. ''Seperti pabrik rivainer CPO, sehingga yang diolah bukan lagi bahan mentahnya, tapi tindaklanjut pengolahan minyak mentah itu," tuturnya. 

Dengan memiliki pabrik untuk pengolahan CPO ini, dikatakannya, para petani pun akan mendapatkan efeknya.

Ditambah lagi, dirinya juga berharap kedepannya akan terdapat pabrik produksi hasil dari CPO untuk menjadi barang seperti minyak goreng ataupun lainnya. ''Kalau bisa seperti itu, pastinya akan berefek dengan pertumbuhan ekonomi dan itu yang harus kita dorong kedepannya agar dapat terwujud," pungkasnya.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com