• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


PT Timah Garap Air Nyatoh Sebagai Destinasi Baru Agrowisata

Senin, 08 Juli 2019 | 10:31 WIB
Pengembangan eks tambang di lokasi Air Nyatoh Bangka Barat. Foto : dok PT Timah
Loading...

Klikbabel.com, Muntok - Keseriusan PT Timah Tbk menggarap lahan eks tambang menjadi lahan produktif terus dilakukan.

Setelah Kampung Reklamasi Air Jangkang, Merawang, Bangka, yang sudah dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Kali ini giliran lahan yang berada di Air Nyatoh, Bangka Barat.

Berbagai pengembangan mulai digarap secara bertahap. Mulai dari gazebo, kolam, mushola hingga kamar mandi.

Serunya lagi, kalau di Air Jangkang telah dilakukan mengembangkan peternakan penggemukan sapi potong, di Air Nyatoh ini juga akan dikembangkan budidaya sapi.

Direktur Utama PT Timah, Riza Pahlevi sebelumnya mengatakan, pihaknya tetap konsen melakukan reklamasi pasca tambang. Di Air Jangkang misalkan kata dia, memang dijadikan sebagai lokasi wisata berkonsep agro. Dia berharap kampung reklamasi tersebut, bisa menjadi salah satu destinasi wisata baru bagi masyarakat Bangka Belitung atau wisatawan dari luar daerah.

“Memang sejauh ini lokasi kampung reklamasi terus kita sempurnakan, kita perbaiki yang kurang dan prosesnya terus berjalan. Kita tetap perhatikan faktor safety bagi pengunjung agar bisa menjadi lokasi wisata yang aman dan nyaman bagi masyarakat,” kata Riza beberapa waktu lalu.

Menurut dia, pihaknya di lokasi reklamasi itu melakukan penanaman pohon buah, baik lokal maupun luar. Ada juga pohon pelawan yang merupakan khas Bangka ditanam di area kampung reklamasi. Pengelola, katanya juga mendesain lokasi dengan konsep minizoo (kebun binatang mini-red).

“Sejumlah satwa sudah ada di kandang yang bisa dilihat oleh pengunjung. Untuk ini kita kerja sama dengan Alobi. Bisa nanti kita sebut sebagai minizoodi Babel. Kita akan mengupayakan penambahan satwa biar semakin lengkap kedepan,” kata pria bertubuh gempal ini.

Riza menambahkan, dengan adanya konsep reklamasi tersebut, pihaknya juga berharap bisa bermanfaat bagi masyarakat umum dan di sekitar lokasi kampung reklamasi. Pihaknya, tegas dia, tetap menggandeng masyarakat sekitar untuk bersama mengembangkan lokasi wisata yang berimbas kepada kesejahteraan masyarakat.

“Di sini kita juga kan menanam tanaman produktif, ada cabai, jagung, kacang tanah dan lainnya bersama masyarakat. Nah, ini bisa terus bergulir dan bermanfaat bagi masyarakat. Kita juga melakukan penggemukan sapi, yang mana bisa bermanfaat bagi pengelola dan menjadi stok daging sapi di daerah ini. Di otherside (sisi lain-red) kotoran sapi bisa menjadi pupuk yang bisa semakin mempercepat program reklamasi di kawasan ini, “terangnya.

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com