• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Alasan Libur Panjang, Hanya Ada 33 Regu Ikuti Napak Tilas Bangka Barat

Minggu, 07 Juli 2019 | 11:36 WIB
Napak tilas yang digelar Pemkab Bangka Barat. Foto ; ira/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Muntok - Sebanyak 33 regu mengikuti acara pelestarian nilai sejarah yaitu Napak Tilas, Minggu (7/7). Kegiatan ini merupakan acara rutin yang selalu dilaksanakan tiap tahun oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat di Pesanggrahan Muntok.

Peserta yang mengikuti kegiatan Napak Tilas ini terdiri dari 7 regu kategori SMP, 8 regu kategori SMA dan 18 regu kategori umum. Bukan hanya dari Bangka Barat, peserta yang ikut dalam kegiatan ini juga ada yang berasal dari Kabupaten Bangka Tengah.

Bupati Bangka Barat, Markus, SH, mengatakan acara Napak Tilas Sejarah ini bertujuan untuk mengingat perjuangan para tokoh perjuangan RI yang diasingkan ke Pulau Bangka, khususnya Kota Muntok.

Menurutnya, generasi sekarang ini hanya merasakan kenikmatan kemerdekaan namun tidak merasakan perjuangan.

"Maka pada kesempatan ini kita lestarikan kegiatan napak tilas ini, selain mengenang sejarah, juga mengenang perjalanan tokoh - tokoh Proklamator RI yang diasingkan di Muntok dan juga untuk mempromosikan pariwisata sejarah dan wisata kebagsaan di Kabupaten Bangka Barat. Karena pariwisata sebagai sektor unggulan untuk menuju Bangka Barat Hebat 2021," kata Markus.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat, Suwito menjelaskan jumlah peserta tahun ini tidak mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan karena berbenturan dengan libur panjang kenaikan kelas.

"Tapi penyebaran memang lebih banyak tahun ini, dari Bangka, peserta lebih banyak, dari desa - desa banyak, cuman jumlahnya kurang lebih sama dengan tahun kemarin," pungkasnya.

Loading...


Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com