• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ada 5 Calon Sekda Bangka, Ini Kriteria Mulkan

Sabtu, 06 Juli 2019 | 12:20 WIB
Bupati Bangka, Mulkan saat diwawancarai wartawan. (Foto : Ramandha/klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Sungailiat - Lelang penentuan jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangka terus berlangsung hingga saat ini. Diketahui sebelumnya, pembukaan pendaftaran proses lelang sendiri sudah dibuka sejak 18 Juni hingga 3 Juli beberapa waktu lalu.

Menurut Bupati Bangka, Mulkan, sampai pada tanggal 3 Juli kemarin, batas waktu akhir pendaftaran, sudah terdapat sebanyak 5 kandidat terdaftar sebagai calon sekda. ''Sudah ada 5 calon. Penutupannya kan 3 Juli kemarin,'' jelasnya, Sabtu (6/7/2019).

Ia melanjutkan, dirinya bersama Wakil Bupati Bangka, Syahbudin, sangat menginginkan sosok sekda yang dapat dengan disiplin mengatur segala sesuatu kepentingan dalam menjalankan roda pemerintahan. 

"Sosok sekda yang bisa memanagerial. Karena sekretaris daerah merupakan jabatan tertinggi di kalangan ASN (Aparatur Sipil Negara), jadi harus benar-benar harus memenuhi kriteria yang kita tentukan,'' ungkapnya.

Mulkan juga menekankan, sosok yang nantinya terpilih sebagai sekda, harus bisa sejalan dengan kepala daerah ataupun wakilnya. Hal itu, dikatakannya, memang diharuskan, terutama dalam mencapai sebuah keputusan terkait keberlangsungan pemerintahan daerah. ''Sekda tadi dan bupatinya harus sejalan agar program pemerintah daerah dapat berjalan dengan baik,'' tuturnya.

Selain itu, pihaknya akan terus memantau pelaksanaan proses lelang yang diserahkan kepada panitia seleksi (pansel). Orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini juga menuturkan, selain mempunyai kompetensi yang baik, calon sekda nantinya juga harus mempunyai keinginan dalam mencapai visi dan misi Bangka Setara.

Lebih lanjut, ditegaskan Mulkan, proses seleksi lelang jabatan sekda ini tetap dalam koridor yang seharusnya berjalan, transparan dan tidak ada intervensi. ''Jika nanti nilainya bagus, dapat dijadikan suatu kriteria. Dalam penerimaan calon sekda ini murni, terbuka dan transparan, tidak ada yang dikondisikan atau titipan,'' pungkasnya.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com