• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ruang Kerja Steril dari Minuman Berkemasan Plastik

Jumat, 05 Juli 2019 | 22:45 WIB
Steril dari minuman botol plastik di ruang kerja Bupati Basel Justiar Noer.
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Meja tamu pada ruang kerja pejabat di pemerintahan tentunya akan menyajikan berbagai jenis makanan dan minuman. Untuk minuman khususnya, selain air mineral, ada banyak jenis minuman berbagai kemasan. Seperti plastik, kaleng atau tetrapack dengan brand terkenal.

Suasana tersebut berbanding terbalik saat bertamu ke ruang kerja Bupati Kabupaten Bangka Selatan, Justiar Noer. Pada meja tamu yang berada didalam ruang kerja orang nomor satu di Negeri Junjung Besaoh tersebut, tidak dijumpai minuman dengan kemasan plastik dan kaleng.

Mata hanya akan melihat air mineral yang ditempatkan dalam teko berbahan kaca dengan tutup plastik. Tidak dijumpai minuman dengan berbagai rasa yang kebanyakan mengandung zat kimia sebagai pengawet dan berbahaya bagi kesehatan.

"Saya menerapkan kebijakan tidak menggunakan wadah plastik sebegai bentuk komitmen mengenai kelestarian lingkungan. Mengurangi sampah plastik terutama sampah plastik dari botol minuman memang tidak mudah, perlahan dilakukan," ujarnya, Jumat (5/7).

Justiar mengaku, mengurangi penggunaan sampah plastik akan dimulai dari sisi pemerintah terlebih dahulu dengan tidak  lagi menggunakan minuman yang memiliki kemasan plastik. Dia juga telah mengeluarkan edaran ke seluruh SKPD agar mengurangi sampah plastik dengan kebijakan tadi.

"Tentu berlaku untuk seluruh kantor dinas, tapi memang saya lihat masih ada sampah botol plastik di kantor-kantor dinas, entah berasal dari tamu atau bagaimana. Yang pasti saya mengajak semua kantor dinas tidak lagi menggunakan minuman dari botol plastik," jelasnya.

Indonesia saat ini menjadi salah satu negara penghasil sampah plastik terbesar dunia. Bahkan, sampah plastik jika tidak ditangani dengan tepat dapat mengancam kesehatan seperti penyakit kanker. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa dirinya harus memberikan contoh kepada semua pihak mengenai bahayanya sampah plastik.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com