• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


F3S Bateng Juga Sehatkan Masyarakat Dibidang Sosial Ekonomi

Kamis, 04 Juli 2019 | 18:49 WIB
Saat kegiatan sosialisasi Penguatan Lembaga Forum Kecamatan Sehat dan Pokja Desa Sehat berlangsung (Roni/Klikbabel.com)
Loading...
Klikbabel.com, Namang - Sehat bukan hanya Sehat Jasmani, Forum Selawang Segantang Sehat F3S Bangka Tengah (Bateng) akan menyehatkan masyarakat di bidang sosial dan ekonomi.
 
Ketua F3S Bateng, Riky Amanda mengatakan pihak Kementrian Kesehatan berencana akan ke Bateng, mengunjungi Kelembagaan Forum Sehat yang ada di setiap Daerah termasuk Bateng.
 
"Sekarang kita harus fokus menguatkan Kelembagaan Gorum Sehat yang kita namakan F3S Bateng ini," kata Riky Amanda dalam sambutannya pada kegiatan Sosialisasi Penguatan Forum Kecamatan Sehat dan Pokja Desa Sehat tingkat Kecamatan Namang tahun 2019, kamis (4/7) di Gedung Serbaguna Kecamatan Namang.
 
Menurut Riky, pengurus kelembagaannya sudah terbentuk baik tingkat kecamatan dan desa se Bateng. Kemudian F3S Bateng akan melakukan penguatan kepengurusannya, semua pengurus akan diberikan Bimbingan teknis (Bimtek).
 
"Agar program berjalan sesuai harapan. Pertama-tama kita harus kuatkan kelembagaannya dulu, jangan sampai nama pengurusnya ada tapi tugas pokok dan fungsi (tupoksi) nya tidak tahu apa. Lalu di lingkungan masyarakat juga bingung mau berbuat apa," ungkapnya.
 
Pada kesempatan ini, Riky menjelaskan bahwa keberadaan F3S Bateng tidak hanya fokus pada permasalahan Kesehatan fisik semata. Namun, F3S harus bisa menyehatkan secara spritual, sosial dan ekonomi masyarakat.
 
"Kita punya banyak program di bidang kesehatan, ekonomi, sosial dan agama. Silakan di implementasikan kegiatan itu di lingkungan masyarakat Bateng," kata Riky.
 
Lanjut Riky, jika ada warga sakit, ajukan permohonan biaya berobat. Ada warga butuh penceramah agama, silakan ajukan kegiatan ceramah agama sembari sosialisasi kesehatan lingkungan masyarakat. 
 
"Begitupun dengan penguatan ekonomi, bahwa ada anggaran di Pemda Bateng yang bisa diusulkan melalui kelompok masyarakat. Kesosialannya, programkan sunat massal, bantuan ke anak yatim dan fakir miskin setiap tahun bekerja sama dengan lembaga lainnya," ungkapnya.
 
Semua kebutuhan masyarakat harus ditampun oleh pengurus F3S Bateng.
 
"Kita adalah penyambung lidah masyarakat yang membutuhkan bantuan Pemkab Bateng. Kalau bukan kita yang peduli, siapa lagi yang bersumbangsi membangun daerah lebih unggul," ungkapnya.
 
Riky menekankan agar pengurus kelembagaan F3S Bateng merupakan murni perwakilan dari unsur masyarakat umum yang memiliki jiwa sosial yang tinggi. 
 
"Harus miliki jiwa sosial yang tinggi, sebab kita menjalankan program ini secara sosial tanpa pamrih. Mulai dari pendataan pada masyarakat hingga penyaluran bantuan dari pemerintah, semua bersifat sosial," ulasnya.
 
Sementara itu, perwakilan tim pembima F3S Bateng, Asmini mengimbau kepengurusan Lembaga Forum Sehat Kecamatan dan Pokja Desa Sehat mengaktifkan seluruh peranan para anggotanya.
 
"Salah satunya Kecamatan Namang. Silakan tentukan Lokasi Khusus (Lokus) Forum Desa Sehat yang akan di nilai oleh tim Kabupaten Sehat Bateng dalam waktu dekat," kata Asmini.
Loading...


Penulis  : Roni
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com