• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Cegah Konflik Pemberi Kerja & Pekerja, DTKTKUKM Basel Gelar Sosialisasi Peraturan Perusahaan

Kamis, 04 Juli 2019 | 20:50 WIB
Kegiatan sosialisasi peraturan perusahaan yang dilaksanakan DTKTKUKM Bangka Selatan. Foto : ist
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Sekitar 20 orang perwakilan pengusaha dan pekerja dari masing-masing perusahaan yang berada di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mengikuti kegiatan sosialisasi peraturan perusahaan, Kamis (4/7) di aula pertemuan DTKTKUKM Basel.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala DTKTKUKM Basel Basu Priatna dan turut dihadiri Mediator Hubungan Industrial Muda Disnaker Provinsi Babel, Ahmad Syarif dilaksanakan dalam upaya mencegah terjadinya potensi konflik antara pemberi kerja dengan pekerja. Sebab, banyak dijumpai permasalahan tidak adanya peraturan perusahaan yang dimiliki.

Mediator Hubungan Industrial Muda Disnaker Provinsi Babel, Ahmad Syarif menjelaskan, peraturan perusahaan disusun oleh pengusaha dan menjadi tanggung jawab dari pengusaha.

"Penyusunan peraturan perusahaan dilakukan dengan memperhatikan saran dan pertimbangan dari wakil pekerja atau buruh di perusahaan. Peraturan tadi bertujuan untuk menjamin keseimbangan antara hak dan kewajiban pekerja," ujar Syarif.

"Serta kewenangan dan kewajiban pengusaha, memberikan pedoman bagi pengusaha dan pekerja untuk melaksanakan tugas kewajibannya. Peraturan perusahaan mulai berlaku setelah mendapat pengesahan dari Menteri atau Pejabat yang ditunjuk," tambah dia.

Pria yang telah bersertifikat Training of Trainer (TOT) Hubungan Industrial tersebut menambahkan, peraturan perusahaan berlaku untuk jangka waktu paling lama 2 tahun serta wajib diperbaharui setelah habis masa berlakunya. Pengusaha yang mempekerjakan paling sedikit 10 orang pekerja/buruh wajib membuat peraturan perusahaan.

"Bagi perusahaan melanggar terancam dikenakan sanksi berupa denda paling sedikit 5 juta dan paling banyak 50 juta serta ancaman pidana kurungan. Tapi ingat perusahaan yang dimaksud disini  adalah perusahaan yang berbadan hukum. Tidak jika sudah memiliki perjanjian kerja bersama," tukasnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com